Sabtu, Juli 13, 2024
Lampung Utara

Meski Tidak Kuorum, Paripurna Pembahasan LKPJ Bupati Lampura Tetap Digelar

Lampung Utara, hariansatelit.com

Meski tidak kuorum, Rapat paripurna pembahasan laporan keterangan pertanggung jawaban (LKPJ), Bupati Lampung Utara anggaran tahun 2022 tetap digelar, Jumat (14/07/2023). Jumlah peserta yang hadir hanya 15 orang dari total 30 anggota legislatif yang diwajibkan.

Adapun agenda sidang paripurna sendiri adalah laporan hasil pembahasan panitia kerja DPRD tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Lampung Utara tahun 2022. Sidang ini dipimpin oleh Ketua DPRD Lampung Utara, Wansori.

Ketua DPRD Lampung Utara, Wansori usai sidang paripurna menjelaskan, keputusan untuk melanjutkan rapat dilakukan setelah para anggota legislatif yang hadir sepakat untuk tetap melanjutkan sidang tersebut. Ditambah lagi, kebanyakan dari peserta yang hadir berasal dari tujuh fraksi yang ada di DPRD.

“Pelaksanaannya karena adanya kesepakatan bersama yang disepakati dalam forum sidang,” ucap dia.

Wansori kembali menuturkan, sebelum mengambil langkah tersebut, pihaknya telah dua kali menunda sidang sebanyak dua kali. Namun, setelah dua kali skors, ternyata jumlah peserta sidang masih jua tak kuorum.

“Skors pun sudah dua kali dilakukan (tapi tetap tidak kuorum)” ujar dia.
Sementara itu, Bupati Budi Utomo ketika dikonfirmasi mengenai salah satu remomendasi panitia kerja DPRD yang berisikan permintaan agar para perangkat daera terkait segera menyelesaikan temuan BPK mengatakan, pihaknya telah menindaklanjuti temuan itu. Penindaklanjutan itu dilakukan sejak LHP BPK diterima oleh mereka pada Mei lalu.

“Telah ada sejumlah pihak yang mengembalikan temuan-temuan tersebut ke kas daerah,” katanya.

Ia juga mengatakan, masih terus mendorong perangkat daerah yang ‘bermasalah’ untuk merampungkan temuan itu. Sebab, terdapat konsekuensi serius jika temuan itu tidak dikembalikan sebelum batas waktu berakhir.

“Mana kala tidak bisa diselesaikan dalam enam puluh hari maka ada pihak lain yang akan menindaklanjutinya,” jelas dia. (Bambang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *