Sabtu, Juni 22, 2024
Bandar Lampung

Sekdaprov Lampung Semangati Kontingen Peserta Porwanas Korpri XVI

Semarang, hariansatelit.com

Gubernur Lampung diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto menghadiri acara Pembukaan Pekan Olah raga Nasional (PORNAS) KORPRI XVI Tahun 2023 di GOR Jatidiri Semarang, Jum’at 14 Juli 2023.

Penyelenggaraan Pembukaan PORNAS KORPRI XVI Tahun 2023 berlangsung meriah, diawali dengan penampilan defile kontingen dari 38 Provinsi dan 63 Kementerian/Lembaga dengan total berjumlah 101 kontingen yang akan berlaga dalam PORNAS KORPRI XVI.Sabtu (15/07/2023)

Kehadiran Sekretaris Daerah Fahrizal Darminto mewakili Gubernur Lampung Arinal Djunaidi sekaligus sebagai Dewan Pembina Bapor KORPRI Lampung dalam acara pembukaan sebagai wujud perhatian Pemerintah Provinsi Lampung untuk memberikan motivasi dan semangat kepada seluruh Peserta Kontingen Lampung yang akan bertanding mulai 15 Juni 2023.

Dalam acara Pembukaan Ketua Dewan Pengurus Nasional Korpri Zudan Arif Fakrulloh sekaligus sebagai Ketua Pelaksana PORNAS KORPRI XVI menyampaikan bahwa PORNAS pada tahun 2017 di Yogyakarta diikuti oleh 73 Kontingen dan 7 Cabang Olah raga, pada tahun 2019 Pornas XV di Bangka Belitung diikuti oleh 87 Kontingen dan 9 Cabang olah raga dengan 3500 Atlit, Oficial dan Pelatih.

“Di Semarang Jawa Tengah Pornas Korpri diikuti oleh 101 Kontingen dan 6000 Atlit, Oficial dan Pelatih dengan 10 cabang olah raga, ini menunjukkan minat penyelenggaraan Pornas semakin bertumbuh”, ucapnya.

Dalam laporannya Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan jumlah kontingen paling sedikit adalah Provinsi Nusa Tenggara Timur yang hanya mengirimkan 1 Peserta cabor catur dan untuk kontingen terbanyak adalah Provinsi Jawa Tengah dengan 183 atlit.

Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Sumatera Selatan yang akan nenjadi Tuan rumah PORNAS KORPRI XVII tahun 2025 dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur sebagai Tuan Rumah PORNAS XVIII tahun 2027.

Selanjutnya Zudan menyampaikan bahwa pada Pornas Korpri mendatang akan diikuti oleh Peserta dari Perguruan Tinggi Negeri, hal ini akan semakin menambah kebersamaan sesama anggota Korpri sesuai dengan Tema dalam PORNAS XVI ini yaitu ” Menjalin kebersamaan Raih Prestasi “.

“Korpri akan tetap profesional dan akan tetap melanjutkan pembangunan,” pungkasnya.

Dalam rangkaian acara Pembukaan PORNAS KORPRI XVI, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh kontingen dan Pejabat Kementerian/Lembaga, Gubernur seluruh Indonesia dan seluruh Jajaran Forkopimda Provinsi Jawa Tengah dan Kota Semarang.

“Saya dan Wakil Gubernur menyampaikan selamat datang kepada seluruh Kementerian/Lembaga, kawan-kawan saya Para Gubernur dan Wakil Gubernur, walikota dan saya senang sekali ada adik-adik saya dari Provinsi baru yang ada di Papua ikut hadir disini,” ucapnya.

Selanjutnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas mewakili Presiden Republik Indonesia menyampaikan bahwa Pornas Korpri ini merupakan pertemuan yang luar biasa untuk merajut tali persaudaraan dan silaturahim.

“Senang sekali rasanya mewakili Bapak Presiden Republik Indonesia dapat bertemu bapak/ibu sekalian khususnya kontingen atlit yang akan bertanding,” ucap Abdullah Azwar Anas.

“Presiden menyampaikan terima kasih atas kerja keras teman-teman ASN, Korpri yang selama ini telah bekerja keras, bekerja untuk mewujudkan cita-cita Indonesia bersama,” lanjutnya.

Abdullah Azwar Anas berharap melalui PORNAS KORPRI 2023 dapat menjadikan olah raga sebagai sarana efektif untuk menjaring bibit olahragawan berbakat yang berpotensi menciptakan prestasi olah raga diantara pegawai, yang selanjutnya dapat didukung dan dikembangkan dalam lingkup pembinaan olah raga prestasi baik tingkat daerah, nasional bahkan internasional.

“Dalam setiap cabang olah raga terkandung nilai-nilai fair play, kerjasama tim dan tekad yang kuat untuk menyelesaikan setiap tantangan yang dapat diterapkan dalam diri setiap ASN,” ungkapnya.

PORNAS KORPRI 2023 merupakan platform penting untuk mengukur semangat kebersamaan dan persatuan di antara ASN dari berbagai instansi dan wilayah di seluruh Indonesia sekaligus mewujudkan ASN yang menerapkan birokrasi dan berdampak meningkatkan pelayanan publik yang lebih baik.

“Akhirnya Saya ingin menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada panitia penyelenggara Pornas Korpri 2023 ini yang telah bekerja keras dan mempersiapkan acara ini dengan luar biasa,” pungkasnya.

Peresmian pembukaan dilakukan oleh Menpan-RB didampingi oleh Gubernur Jawa Tengah, Ketua Bapor Korpri dan Ketua DPN Korpri dengan Penancapan 4 simbol Wayang Semar yang menggambarkan simbol Pemimpin yang jujur, bijaksana, adil dan cerdas.

Dalam rangkaian acara pembukaan Pornas ini menghadirkan hiburan artis Nasional antara lain Tantri Kotak dan Nella kharisma, Band Pembuka dan penampilan Tari Budaya Jawa Tengah.

Di akhir rangkaian acara Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto berkesempatan untuk berfoto bersama perwakilan kontingen Lampung. (Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *