Sabtu, Juni 22, 2024
Tulang Bawang

Pemkam Ringin Sari Bangun Gorong-gorong Jalan Tani Dari Dana Desa

 

Banjar Margo, hariansatelit.com

Pemerintah Kampung (Pemkam) Ringin Sari, Kecamatan Banjar Margo, Kabupaten Tulangbawang, bangun gorong-gorong plat besar jalan tani, di RK 005 dengan volume 5 meter 1 unit, dari Dana Desa (DD) Tahun 2023 dengan total anggaran Rp35.438.000,- juta

Kepala Kampung Ringin Sari, Supadi, mengatakan anggaran pembangunan gorong-gorong di RK 005 tersebut berasal dari Dana Desa (DD) Tahun 2023.

“Tujuan dibangunnya gorong-gorong ini untuk memudahkan dan memperlancar aliran air, serta mencegah supaya tanah tidak amblas. Selain itu juga mendukung transportasi ketahanan pangan di area persawahan,” terang Supadi, Selasa 11 Juli 2023.

Disisi lain, kata Supadi, gorong-gorong tersebut juga dapat mempermudah akses para petani dalam mengelola hasil pertanian. “Seperti, mengangkut hasil panen warga dari sawah. Apa lagi di sekitar situ mayoritas warga kita adalah petani singkong dan jagung,” katanya.

Supadi mengungkapkan pembangunan gorong-gorong tersebut menghabiskan biaya sebesar Rp35.438.000,- juta. “Pada Tahun 2023 ini Dana Desa untuk BLT dibatasi minimal 10 persen, dan maksimal 25 persen. Persentase BLT, itu diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa. Jadi sisanya untuk pembangunan dan program ketahanan pangan,” papar Supadi. (Jamhori)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *