Sabtu, Juli 27, 2024
Pringsewu

Polres Pringsewu Tandatangani Komitmen Bersama Pemilu dan Pilkada Damai 2024

Pringsewu, hariansatelit.com

Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah), lurah, dan kepala Pekon se-kabupaten Pringsewu, melakukan penandatanganan komitmen bersama dalam rangka memastikan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang damai pada tahun 2024, serta menjaga netralitas lurah dan kepala Pekon se-kabupaten Pringsewu. Sabtu (8/7/2023) malam.

Penandatanganan komitmen bersama ini dilakukan dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta mewujudkan proses demokrasi yang berkualitas di Kabupaten Pringsewu.

Acara penandatanganan komitmen bersama yang berlangsung di ruang pertemuan Rumah Makan Raja Pindang, Tambahrejo Barat, Gadingrejo, Pringsewu tersebut dihadiri oleh jajaran Forkopimda, KPU, Bawaslu, lurah, dan kepala Pekon dari seluruh wilayah kabupaten Pringsewu.

Wakapolres Pringsewu, Kompol Doni Dunggio yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, menyampaikan pentingnya kerja sama antara pihak kepolisian, pemerintah daerah, dan kepala desa/kepala Pekon dalam mengawal proses demokrasi.

“Komitmen bersama ini menunjukkan keseriusan kami dalam menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pelaksanaan Pemilu dan Pilkada yang aman, damai, dan jujur,” ungkap Wakapolres Pringsewu Kompol Doni Dunggio, S.IK.

Dalam komitmen bersama tersebut, kata Kompol Doni, para peserta sepakat untuk menjaga netralitas dan independensi dalam menjalankan tugas sebagai lurah dan kepala Pekon. Mereka diharapkan tidak memihak kepada calon atau partai politik tertentu, tetapi tetap berfokus pada pelayanan kepada masyarakat.
Selain itu, pihak kepolisian juga akan memberikan perlindungan dan pengamanan selama tahapan Pemilu dan Pilkada berlangsung.

“Polres Pringsewu bersama jajaran Forkopimda akan bekerja sama dalam mengantisipasi dan menangani potensi konflik yang mungkin terjadi, serta mengawasi agar seluruh tahapan pemilihan berjalan dengan lancar dan adil,” jelasnya.

Sementara itu PJ. Bupati Pringsewu, Adi Erlansyah, turut mengapresiasi komitmen yang ditunjukkan oleh seluruh pihak. Ia berharap dengan adanya penandatanganan komitmen bersama ini, pelaksanaan Pemilu dan Pilkada di Kabupaten Pringsewu pada tahun 2024 dapat berlangsung dengan aman, damai, dan sukses.

“Semua pihak diharapkan dapat mendukung dan melaksanakan tugasnya secara bertanggung jawab demi terwujudnya proses demokrasi yang berkualitas dan bermartabat,” jelasnya.

Hadir dalam acara penandatanganan komitmen bersama itu, Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah, SE, MM, Ketua DPRD Suherman, SE, Wakapolres Pringsewu Kompol Doni Dunggio, SIK, Sekretaris Daerah, Heri Iswahyudi, M.Ag, Pabung Kodim 0424 Tgms, Kapten Redi Kurniawan, Ketua KPU Kab. Pringsewu Sofyan Akbar Budiman, M.Pd, dan ketua Bawaslu M Fathul Arifin. (Sanusi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *