Sabtu, Juni 22, 2024
Pringsewu

Jelang Pemilu,Pj Bupati Pringsewu Minta Kepala Pekon Jaga Netralitas

Pringsewu, hariansatelit.com

Penjabat (Pj) Bupati Pringsewu, Adi Erlansyah meneghaskan kepada seluruh kepala pekon di Kabupaten Pringsewu untuk menjaga netralitas dalam menghadapi pemilihan umum (pemilu) tahun 2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Pj Bupati Pringsewu, Adi Erlansyah saat menghadiri penandatangan komitmen bersama pemilu dan pilkada damai tahun 2024 di Rumah makan Raja Pindang Resto Pekon Tambahrejo Kecamatan Gadingrejo, Sabtu (8/7/2023).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Pringsewu, Heri Iswahyudi, Ketua DPRD Pringsewu, Suherman, Wakapolres Kompol Doni Dunggio,Pabung Kodim 0424 Kapten Redi Kurniawan.

Lalu Ketua Bawaslu Pringsewu, Fathul Aripin, Ketua KPU Pringsewu, Sofyan Akbar, dan jajaran Forkopimda Kabupaten Pringsewu, Kepala OPD Pemkab Pringsewu, para camat, lurah dan kepala pekon se-Kabupaten Pringsewu.

Dalam pada itu Adi menjelakan sebagaimana diketahui pesta demokrasi pemilu serta pilkada serentak Tahun 2024 sudah di depan mata.

Dimana jika sesuai jadwal yang telah disusun, pada 14 Februari 2024 akan dilaksanakan pemilu untuk memilih presiden dan wakil presiden, lalu Anggota DPR RI, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI serta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi dan kabupaten/kota.

Sementara pemilihan kepala daerah (Pilkada) akan berlangsung pada November 2024 ada agenda pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati wakil bupati serta walikota dan wakil walikota akan dilaksanakan di seluruh Indonesia.

“Ini adalah pemilu besar pertama di Indonesia. Sebelumnya, tidak ada pemilu atau pilkada pada tahun yang sama. rangkaian kegiatan ini akan berperan penting dalam mendukung suksesnya pelaksanaan pemilu dan pilkada tahun 2024.

Selain itu juga, Adi menekankan kepada Seluruh ASN dilingkungan Pemkab Primgsewu wajib menjaga netralitas dalam menyikapi situasi politik dan tidak terpengaruh atau memengaruhi pihak lain untuk melakukan kegiatan yang mengarah pada keberpihakan atau ketidaknetralan.
Adi Erlansyah meminta kepada para lurah dan kepala pekon di Kabupaten Pringsewu yang hadir agar dapat melaksanakan secara sungguh-sungguh komitmen ini.

Sementara itu, Wakapolres Pringsewu, Kompol Doni Dunggio yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, menyampaikan pentingnya kerja sama antara pihak kepolisian, pemerintah daerah, dan kepala desa/kepala Pekon dalam mengawal proses demokrasi.

“Komitmen bersama ini menunjukkan keseriusan kami dalam menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pelaksanaan Pemilu dan Pilkada yang aman, damai, dan jujur,” ungkap Wakapolres Pringsewu Kompol Doni Dunggio, S.IK.

Dalam komitmen bersama tersebut, kata Kompol Doni, para peserta sepakat untuk menjaga netralitas dan independensi dalam menjalankan tugas sebagai lurah dan kepala Pekon. Mereka diharapkan tidak memihak kepada calon atau partai politik tertentu, tetapi tetap berfokus pada pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, pihak kepolisian juga akan memberikan perlindungan dan pengamanan selama tahapan Pemilu dan Pilkada berlangsung. (Sanusi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *