Sabtu, Juli 13, 2024
Lampung Selatan

11 Negara Okuti Jumbara PMR Tingkat Nasional IX Tahun 2023 

 

Lampung Selatan,hariansatelit.com

Gubernur Lampung diwakili Sekdaprov Fahrizal Darminto bersama Ketua PMI Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, menghadiri Pembukaan Kegiatan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) PMR Tingkat Nasional IX Tahun 2023 di Stadion Jati, Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (4/7/23).

Kegiatan Jumbara PMR Tingkat Nasional IX Tahun 2023 yang dibuka langsung oleh Ketua Umum Pengurus Pusat PMI H.M. Jusuf Kalla ini diikuti oleh 2200 anggota kontingen dari 34 Provinsi seluruh Indonesia serta 11 negara sahabat diantaranya Malaysia, Timor Leste, Brunei Darussalam, China, Italia, Amerika Serikat, Hong Kong, Thailand, Singapura, Laos dan Kamboja.

Jumbara adalah kegiatan yang dilaksanakan untuk mengevaluasi pembinaan dan pengembangan PMR di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional. Adapun tema yang diambil dalam Jumbara IX yang berlangsung mulai tanggal 3 Juli – 10 Juli 2023 ini adalah Cerdas, Kreatif dan Berkarakter.

Gubernur Lampung dalam sambutannya yang disampaikan oleh Sekdaprov Fahrizal Darminto mengucapkan selamat datang kepada Ketua Umum Pengurus Pusat PMI H.M. Jusuf Kalla beserta jajaran pengurus pusat dan pengurus PMI seluruh Indonesia, juga peserta Jumbara di Provinsi Lampung.

Gubernur menyebutkan, Provinsi Lampung memiliki lokasi yang sangat strategis dan terletak diantara jalur utama Pulau Sumatera dan Jawa. Hal ini berimplikasi pada keragaman suku dan budaya di Lampung, sehingga Provinsi Lampung juga disebut dengan Indonesia Mini, dimana seluruh suku dan budaya hidup harmonis karena saling menghormati satu sama lain.

Selanjutnya, Gubernur mengungkapkan bahwa Perhelatan Jumbara Nasional ke-IX Tahun 2023 di Provinsi Lampung merupakan kebanggaan yang tak terukur untuk Provinsi Lampung dikarenakan kegiatan ini adalah kegiatan rutin PMI dalam kurun waktu 5 tahun sekali pelaksanaannya.

Melalui kegiatan Jumbara di Provinsi Lampung ini, Gubernur berharap adik-adik PMR bisa kembali bersemangat untuk melaksanakan kegiatan, baik di sekolah maupun kegiatan di luar sekolah. Pandemi Covid-19 telah menggambarkan betapa sulitnya kehidupan tanpa pertolongan orang lain. Selain itu juga seluruh kegiatan dibatasi dengan protokol kesehatan yang begitu ketat, sehingga sangat tidak memungkinkan untuk mengadakan event Nasional bahkan hanya sekadar berkerumun dalam kegiatan belajar mengajar.

“Untuk itu mari kita gelorakan semangat, bangkit kembali guna beraktivitas dan meningkatkan produktivitas dengan tetap menjaga kesehatan diri sendiri maupun orang-orang disekitar kita,” kata Gubernur.

Di akhir sambutannya, Gubernur juga menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung mendukung penuh kegiatan Jumbara PMR Tingkat Nasional IX Tahun 2023 di Provinsi Lampung.

“Pesan saya kepada adik-adik dan pendamping untuk terus jaga kesehatan, ketertiban dan kedisiplinan diri dalam melaksanakan kegiatan ini. Tak lupa juga saya sampaikan untuk terus mempererat tali silaturahmi dan menjaga kekompakkan antara adat, budaya, suku dan agama,” pesan Gubernur.

Ketua Umum PMI H.M. Jusuf Kalla mengatakan bahwa Jumbara merupakan pengalaman yang penting bagi seluruh peserta, baik untuk menjalin persahabatan, belajar, berbaur dengan teman-teman dan memulai pengalaman dalam membentuk kader-kader yang akan memimpin upaya-upaya kemanusiaan di masa yang akan datang.

Jusuf Kalla juga mengharapkan Jumbara IX ini sebagai sarana guna meningkatkan keterampilan dan belajar untuk menerapkan hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari dan kemudian menularkan pengalaman ini kepada rekan-rekan yang tidak sempat datang ke Jumbara IX Lampung.

Pembukaan Jumbara IX Lampung ini diawali dengan parade peserta dari gabungan kontingen 11 negara sahabat serta parade budaya dari 34 Provinsi seluruh Indonesia. Acara diakhiri dengan hiburan yang meriah dari penampilan penyanyi cilik Farel Prayoga. (Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *