Kamis, Juli 25, 2024
Lampung Timur

PKK Lamtim Canangkan Tanam Cabai Serentak Upayakan Tekan Angka Inflasi

Lampung Timur, hariansatelit.com

Dalam rangka memperingatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Tingkat Nasional ke-52, PKK Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) menggelar kegiatan pencanangan Gerakan Penanaman Cabai Serentak se-Indonesia sebagai dukungan program PKK terhadap pengendalian inflasi di Kebun Kolektif PKK Kabupaten Lampung Timur, Senin (04/03/2024).

Ketua TP. PKK Kabupaten Yusbariah Dawam Rahardjo menerangkan bahwa, gerakan tanam cabai ini dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52.

Gerakan tanam cabai merupakan gerakan yang diinstruksikan langsung dari Ketua Umum TP. PKK Pusat untuk kemudian dilaksanakan secara berjenjang.

“Karena kebutuhan cabai cukup tinggi kadang ketersediaan para petani kita tidak dapat mencukupi kebutuhan. Terlebih menjelang hari-hari tertentu seperti hari raya harga cabai biasanya akan melambung cukup tinggi,”terangnya.

Dikatakannya, kegiatan ini juga bertujuan untuk memasyarakatkan gerakan tanam cabai kepada masyarakat. “Di mana cabai menjadi salah satu komoditas yang kerap memberikan dampak kepada inflasi setiap tahunnya,”ujarnya.

Ditambahkannya, ia mengajak semua Ketua PKK Kecamatan dan Desa untuk ikut dalam gerakan tanam cabai di wilayah kerja masing-masing. “Menanam cabai cukup mudah sehingga saya yakin ibu-ibu di kecamatan dan desa dapat melakukannya,”pungkasnya.

Yusbariah Dawam Rahardjo pun berharap PKK kecamatan dan desa dapat terus menggencarkan tanam cabai dengan berbagai inovasi. TP-PKK menurutnya harus ikut andil dan berperan dalam membantu pemerintah daerah untuk menekan angka inflasi. Salah satunya lewat gertam cabai yang terus digencarkan.

“Saya inginkan PKK se-Lamtim untuk ikut andil dan berperan dalam menekan angka inflasi melalui berbagai program. Contoh kita bisa menanam cabe untuk menekan inflasi,” harap Yusbariah Dawam Rahardjo.

“Kita (PKK) ikut menggerakkan masayarakat disekitar kita, dimulai dari rumah tangga untuk menanam cabe dengan menggunakan pekarangan rumahnya,” tambahnya.

Dirinya menyampaikan PKK kecamatan dan desa mempunyai 10 tugas pokok yang selaras dengan tanam cabai sebagai upaya penekanan inflasi.

“Jangan hanya PKK saja yang bergerak, tapi bagaimana caranya PKK juga mengajak peran masyarakat untuk menggunakan pekarangan rumah sebagai upaya tekan inflasi,” tutupnya. (Nasir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *