Kamis, Juli 25, 2024
Lampung Barat

Musrenbang Lambar Susun RKPD Tahun 2025

Lampung Barat, hariansatelit.com

Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman MM membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) Tahun 2025.

Kegiatan tahunan ini mengusung tema “Memperkuat Kapasitas Sumber Daya Manusia dan Ketahanan Ekonomi Yang Berkelanjutan” dan berlangsung di Lamban Pancasila kecamatan Balik Bukit pada hari Senin (4/3/24).

Pj Bupati Lampung Barat menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari penjaringan aspirasi masyarakat dari tingkat pekon hingga Kecamatan yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

“Mensinergikan dan mensinkronkan program kegiatan untuk rencana kerja Pemerintah Daerah Lampung Barat tahun 2025 mendatang,” tuturnya.

Pj Bupati juga menegaskan pentingnya menyusun prioritas pembangunan yang sejalan dengan RKPD Lampung Barat, RKPD Provinsi, dan RKPD Pemerintah pusat. Selain itu, ia berharap kegiatan Musrenbang tersebut dapat menjawab tantangan di tahun 2025.

Untuk mencapai hal tersebut, Pemerintah daerah Kabupaten Lampung Barat harus mampu merumuskan rencana Pemerintah Daerah yang telah direncanakan di tahun 2025 mendatang.

Menurutnya, terdapat tiga rumusan yang harus dipertimbangkan, yakni:
Mendukung Target Sasaran RPD 2023-2026: Usulan kegiatan harus mendukung pencapaian target sasaran RPD 2023-2026, khususnya untuk tahun 2025 menjadi kontrak kerja perangkat daerah dan mampu menjawab permasalahan-permasalahan terkait dinamika pembangunan.

Meningkatkan Kinerja Perangkat Daerah: Perangkat daerah harus terus meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan publik dan penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

Memberikan Kontribusi Positif untuk Pembangunan: Adanya kontribusi nyata dan positif untuk membangun Kabupaten Lampung Barat.

Seluruh peserta diharapkan menjadikan momentum Musrenbang ini sebagai wadah untuk memberikan saran dan masukan yang membangun Lampung Barat yang sejahtera.

Staf ahli Gubernur Lampung, Ganjar Jationo, juga menyampaikan harapannya agar forum ini tidak hanya menjadi rutinitas perencanaan, tetapi juga membawa perbaikan yang berarti bagi kemajuan masyarakat daerah.

Dengan demikian, Musrenbang RKPD Kabupaten Lampung Barat tahun 2025 diharapkan menjadi landasan kuat bagi pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif bagi seluruh masyarakat Lampung Barat. (Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *