Senin, Juli 15, 2024
Tanggamus

Pj Bupati Tanggamus Bersama Kadis BMBK Lampung Tinjau Jalan Provinsi di Kelumbayan

Tanggamus, hariansatelit.com

Pj. Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan bersama Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Provinsi Lampung M. Taufiqulloh beserta jajaran, kembali meninjau lokasi ruas jalan Provinsi di Kecamatan Kelumbayan.

Turut mendampingi Camat Kelumbayan Derius Putrawan, serta Kepala Pekon Se-kecamatan Kelumbayan, Kamis ( 29/02/24).

Kunjungan ini dilakukan dengan tujuan untuk kembali melihat dan memastikan lokasi pelaksanaan pembangunan di tahun 2024, serta melihat kondisi jalan secara keseluruhan yang masih perlu mendapatkan perhatian dan pembangunan di ruas jalan provinsi yang berada di Kabupaten Tanggamus.

Sebelumnya Pj. Bupati dan Kadis BMBK pernah melakukan kunjungan yang sama pada bulan Oktober 2023. Dalam rangka meninjau lokasi jalan yang diusulkan untuk pembangunan di tahun 2024, yang alhamdulillah Kabupaten Tanggamus kembali mendapatkan alokasi pembangunan di tahun 2024.

Pj. Bupati Mulyadi Irsan dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Lampung yang telah memberikan perhatian dan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan jalan di wilayah Kabupaten Tanggamus, yang salah satunya berlokasi di Kecamatan Kelumbayan.

“Terima kasih kepada Pemerintah Pusat, juga kepada Gubernur Lampung Bapak Dr. Ir. Arinal Djunaidi, atas dialokasikan anggaran untuk pembangunan di Kabupaten Tanggamus, ini” ucapnya.

Mulyadi mengungkapkan bahwa khusus untuk Kecamatan Kelumbayan merupakan daerah tujuan wisata yang telah dikenal, baik oleh wisatawan lokal maupun manca negara, sehingga harus didukung dengan aksesibilitas yang baik.

Lebih lanjut dirinya berharap adanya sinergitas dan dukungan antara Pemerintah Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Pekon, sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.

Sementara Kepala Dinas BMBK Provinsi Lampung M. Taufiqulloh menyatakan bahwa pembangunan yang ada dilakukan dengan skala prioritas dan harus terkoneksi antara ruas jalan yang ada. Oleh karena itu pihaknya akan terus mengupayakan pembangunan di ruas jalan provinsi yang masih belum terkoneksi dengan baik. Baik melalui dana APBD maupun dana pusat.

Dimana untuk tahun 2024 ini Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) akan segera membangun perbaikan ruas jalan wisata di Kabupaten Pesawaran dan Tanggamus.  Akses tersebut, satu berada di Kabupaten Pesawaran meliputi ruas jalan Lempasing-Padang Cermin serta tiga ruas jalan berada di Kabupaten Tanggamus meliputi, ruas Kiluan-Umbar, ruas Umbar РPutih Doh, dan ruas Pardasuka-Sukamara.

‘Pembangunan jalan dilakukan dalam rangka mendukung pariwisata. Agar akses jalan terkoneksi dengan baik menuju wisata bahari terutama akses Kiluan-Umbar, dengan adanya objek wisata Teluk Kiluan dan Pantai Gigi Hiu.”

“Kiluan dan Gigi Hiu ini bukan hanya milik Tanggamus, tapi juga milik provinsi dan nasional. Sehingga wisatawan berdatangan dengan mudah dan perekonomian akan masyarakat tumbuh,” jelasnya.

Lanjut Taufiq, selain melakukan pembangunan ruas jalan Simpang Teluk Kiluan-Simpang Umbar, akan dilakukan juga perbaikan ruas jalan Simpang Umbar-Putih Doh, Putih Doh-Kuripan, Kuripan-Simpang Kota Agung.

“Pemerintah daerah juga akan berusaha membuka akses jalan menuju berbagai alternatif wisata baru. Kami akan menyiapkan pula infrastruktur jalan akses ke pesisir selatan yang melewati pantai. Hrapannya bisa selesai sampai Kota Agung sebab masih banyak jalan yang berbatu nanti akan diselesaikan secara bertahap, sehingga pada 2025 akan selesai perbaikan jalan di daerah pariwisata.”

“Perbaikan dan pemeliharaan ruas jalan pariwisata itu telah diusulkan dalam Inpres Jalan Daerah (IJD) dan menjadi jalan prioritas di 2024. Sehingga pembiayaan tidak hanya dari APBD Provinsi, tapi bisa mendapatkan juga dari pemerintah pusat,” tutupnya.

Sementara Camat Kelumbayan Derius Putrawan, menyatakan pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten atas dibangunnya prasarana transportasi di Kelumbayan.

Lebih lanjut Derius menyatakan bahwa segenap jajaran pemerintahan dan masyarakat di Kecamatan Kelumbayan siap memberikan dukungan terhadap pembangunan jalan di Kecamatan Kelumbayan.

“Tentunya kami siap mendukung pembangunan di Kecamatan Kelumbayan. Baik dalam menjaga suasana kondusif, serta dalam menjaga dan memelihara jalan yang telah ada, agar dapat berfungsi dengan baik dan nyaman digunakan oleh masyarakat,” tandasnya. (Tans/kom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *