Kamis, Juli 25, 2024
Metro

Pemkot Metro Segera Salurkan Beras SPHP kepada Masyarakat

Metro, hariansatelit.com

Pemkot Metro akan segera melakukan rapat koordinasi (Rakor) terkait penyaluran beras Stabilisasi Pasokan Dan Harga Pangan (SPHP) kepada masyarakat.

Hal tersebut setelah Pemerintah Kota Metro mengikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah 2024 secara virtual di OR Sekda Kota Metro, Senin (26/02/2024).

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Puji Ismartini, dalam pemaparannya menyampaikan berdasarkan pemantauan harga SP2KP dalam 4 minggu di bulan Februari 2024 ini beberapa komoditas pangan yang menunjukkan tren peningkatan harga.

“Kenaikan tersebut terjadi pada komoditas beras, cabai merah, telur ayam ras dan daging ayam ras,” bebernya.

Kenaikan terjadi pada cabai merah sebesar 7,63% dan telur ayam ras sebesar 1,47% jika dibandingkan dengan Januari 2024.

Sementara itu, Irjen Kemendagri RI Tomsi Tohir, menyampaikan ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan di minggu keempat Februari 2024, diantaranya cabai merah, beras, dan minyak goreng.

“Cabai Merah mengalami kenaikan di 230 daerah kabupaten/kota, Beras di 268 daerah kabupaten/kota ,dan Minyak Goreng di 203 daerah kabupaten/kota, “ paparnya.

Untuk menghadapi bulan suci ramadhan yang tinggal 2 minggu lagi perlu adanya tindaklanjuti yang dilakukan secara bersama-sama untuk menanggulangi terjadinya kenaikan harga bahan pokok di masyarakat.

“Terutama dengan kepala daerah untuk dapat melaksanakan rapat lanjutan dengan Bulog di daerah masing-masing membahas tentang verifikasi data, penyaluran beras SPHP dan jagung, “ ungkapnya.

Dalam penyaluran beras Stabilisasi Pasokan Dan Harga Pangan (SPHP) dan jagung, Tomsi Tohir juga meminta kepala daerah harus dapat memperhatikan kenyamanan masyarakat.

“Mohon untuk seluruh kepala daerah untuk dapat mengecek kembali petugasnya dan sekaligus memberikan hasil rapat koordinasi dan tindak lanjut ini di minggu depan melalui laporan mingguan,“ pintanya. (Hendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *