Rabu, Juli 24, 2024
Lampung Barat

TKI Asal Lambar Meninggal Dunia di Korea Selatan

Lampung Barat, hariansatelit.com

Seorang TKI asal Pekon Sukamaju, Kecamatan Lumbokseminung, Kabupaten Lampung Barat, Ari Widodo bin Nirman dikabarkan meninggal dunia setelah sempat menderita sakit.

Jenazah almarhum yang saat ini masih berada di salah satu rumah sakit di Korea Selatan tersebut belum dapat dipulangkan ke Indonesia karena pihak keluarga belum dapat mencukupi biaya pemulangan jenazah sebesar Rp7 juta Won atau jika dikonversikan ke rupiah nilainya sebesar Rp 82 juta lebih.

Kabar duka itupun dibenarkan oleh pemerintah pekon setempat, ketika dikonfirmasi Pj Peratin Sukamaju, Arna Sari mengatakan, kabar tersebut diterima keluarga, pada Kamis 22 Februari 2024. Sebelum meninggal, almarhum sempat dirawat di rumah sakit negara setempat.

“Keluarga minta almarhum dipulangkan ke Indonesia agar bisa dimakamkan di kampung halaman, tapi terkendala biaya, dan atas nama pemerintah pekon serta keluarga kami memohon dukungan kepada semua pihak serta masyarakat untuk dapat membantu,” kata Arna saat dihubungi pada Sabtu 24 Februari 2024.

Ia menjelaskan, almarhum Ari Widodo merupakan anak tertua dari tiga bersaudara dan keberangkatannya ke negara Korea Selatan baru terhitung sekitar 7 bulan.

“Sejauh ini yang kami tahu almarhum merupakan pekerja migran resmi, tadi kami sudah cek kelengkapan berkas-berkas ada dari Dinas Ketenagakerjaan, termasuk kartu kuning,” kata Arna.

Yang terpenting, kata Arna, saat ini bagaimana almarhum dapat segera dipulangkan ke kampung halaman untuk memenuhi harapan keluarga, karena dibutuhkan biaya sebesar 7 Juta Won atau berkisar Rp 82 Juta lebih untuk pemulangan jenazah ke Indonesia.

“Kami mengetuk hati seluruh lapisan masyarakat di kabupaten Lampung Barat untuk dapat membantu keluarga almarhum, bagi yang ingin berdonasi dapat di transfer melalui nomor rekening BRI 7769-01-024682-53-8 atas nama Nirman selaku ayah almarhum,” tandasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *