Kamis, Juli 25, 2024
Bandar Lampung

Gubernur Arinal Harapkan Pemilu di Lampung Berlangsung Kondusif

Bandar Lampung,hariansatelit.com

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menghadiri Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang dan Pemungutan Penghitungan Suara pada Pemilu Tahun 2024 di Provinsi Lampung bertempat di Lapangan Korpri Komplek Kantor Gubernur, Minggu (11/02/2024).

Ketua Bawaslu Lampung Iskardo P. Panggar, selaku Pembina apel dalam amanatnya menyampaikan bahwa kegiatan apel ini dilaksanakan dalam rangka optimalisasi pengawasan tahapan masa tenang Pemilu 2024.

“Hal serupa ini juga dilaksanakan di 15 Kabupaten/kota secara serentak, yang diikuti oleh seluruh jajaran pengawas Pemilu hingga tingkat PTPS,” ucapnya.

Melalui kegiatan apel ini, Ketua Bawaslu berharap penyelenggaraan pemilu dapat dimaknai secara utuh dan berlangsung secara Luber (langsung, umum, bebas, dan rahasia) dan Jurdil (jujur, dan adil) serta terlaksana sesuai regulasi.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan Apel Siaga dalam rangka pengawasan masa tenang dan juga persiapan pengawasan tahapan pemungutan dan penghitungan suara, kita semua dapat memaknai penyelenggaraan Pemilu secara utuh dan dapat berlangsung secara Luber dan Jurdil serta terlaksana sesuai regulasi yang berlaku,” harapnya.

Ketua Bawaslu dalam hal ini juga meminta dukungan semua pihak dalam mewujudkan Pemilu di Lampung yang demokratis dan bermartabat.

“Kami, pengawas Pemilu, menyadari secara penuh bahwa dalam melakukan pengawasan secara universal dengan jumlah personil yang tidak memadai, maka dukungan dari semua pihak tentu sangat kita harapkan. Baik terhadap dukungan keamanan dan ketertiban serta terlibat secara partispatif melakukan pemantauan dan pengawasan maupun berpartipasi melaporkan segala bentuk dugaan pelanggaran, demi terwujudnya Pemilu di Lampung yang demokratis dan bermartabat,” harapnya.

Dengan dilaksanakannya Patroli Pengawasan Masa Tenang pasca apel ini, Ketua Bawaslu juga mengharapkan dukungan seluruh pihak.

“Secara serentak diseluruh wilayah Lampung akan dilaksanakan Patroli Pengawasan Masa Tenang dalam rangka menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK). Maka kita mengharapkan dukungan dan support secara penuh dari pemerintah dalam hal ini Bapak Gubernur dan seluruh forkopimda juga tingkat kab/kota untuk bersama melakukan dan menghimbau terkait penertiban APK tersebut,” lanjutnya.

Diakhir, Ketua Bawaslu berharap seluruh jajaran pengawas Pemilu untuk tetap menjaga integritas, menjaga soliditas tim serta meningkatkan pengawasan secara intensif.

“Kepada seluruh jajaran pengawas Pemilu dari tingkat kabupaten/kota, kecamatan, PKD, hingga PTPS untuk tetap menjaga integritas, menjaga soliditas tim dan meningkatkan pengawasan secara intensif guna terwujudnya Pemilu sesuai asas Luber dan Jurdil. Publik menaruh harapan besar kepada kita semua, semoga kita semua diberi kesehatan dan kekuatan dalam melaksanakan tugas-tugas pengawasan,” pungkasnya.

Menanggapi pelaksanaan apel ini, Gubernur Lampung berharap penyelenggaraan pemilihan umum di provinsi Lampung dapat berlangsung kondusif.

“Tentunya diharapkan didalam penyelenggaraan apakah pilpres, pemilihan umum legislatif, pilkada serentak termasuk tingkat 2 ini bisa berjalan sebagaimana mestinya. Harus kita jaga supaya pelaksanaan pemilihan ini betul-betul sesuai dengan aturan perundang-undangan yang sudah disepakati,” ucap Gubernur.

Dalam hal ini Gubernur Lampung juga menyampaikan apresiasi dan dukungannya kepada Bawaslu karena telah bersikap siaga dalam persiapan menjelang pemilu.

“Apresiasi saya kepada Bawaslu tetap melakukan hal-hal yang bersifat kesiagaan. Saya Bersama Wakapolda, Bawaslu Kpu betul-betul secara konsisten mendukung didalam penyelenggaraan pemilihan ini,” lanjut Gubernur.

Diakhir, Gubernur meyakini dengan kesiapsiagaan semua pihak, penyelenggaraan Pemilihan di Provinsi Lampung dapat berlangsung secara kondusif.

“Saya yakin Lampung bisa kondusif karena sudah tercermin bahwa sangat memahami masyarakatnya dan didukung oleh pertumbuhan ekonomi, didukung oleh kepentingan-kepentingan antar partai semua bisa berjalan sehingga aspirasi yang kita sampaikan kepada pelaku, pelaksana pemilihan ini betul-betul bisa kita cerminkan di Provinsi Lampung dengan sukses,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Lampung juga melakukan pengecekan pasukan dan secara simbolis melepas peserta konvoi Patroli Pengawasan Masa Tenang dalam rangka menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK).(Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *