Kamis, Juli 25, 2024
Lampung Selatan

Gubernur Lampung dan Mendag Peletakan Batu Pertama Revitalisasi Pasar Natar Yang Modern

Lampung Selatan,hariansatelit.com

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Menteri Perdagangan (Mendag) Republik Indonesia Zulkifli Hasan Meresmikan Peletakan Batu Pertama dengan Konsep Pasar yang Modern.

Revitalisasi Pasar Natar Lampung Selatan Akan Habiskan Anggaran Rp44,4 Miliar

Peletakan baru pertama revitalisasi Pasar Natar di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung resmi dilakukan, Kamis (25/1/2024).

Hadir Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Plt. Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Suhanto dan Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR Essy Asiah.

Revitalisasi Pasar modern Natar akan menelan biaya konstruksi sebesar Rp44,42 Milyar dan didesain bangunan gedung hijau.

Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR Essy Asiah mengatakan, proyek yang dimulai Januari ini, ditargetkan rampung September 2024

“Pembiayaan fisik pembangunan Pasar Natar Rp44,4 miliar oleh penyedia jasa PT Karya Bangun Mandiri Persada, kemudian untuk manajemen konstruksi Rp1,6 miliar oleh penyedia jasa PT Inti Mulya Multi Kencana,” katanya.

Selanjutnya untuk alokasi pembagian pagu yakni dari pagu tahun anggaran 2023 sebesar Rp5,9 miliar dan pagu tahun anggaran 2024 berjumlah Rp38,5 miliar.

Essy menjelaskan, Pasar Natar memiliki luas lahan 6.462 m2 dengan luas bangunan 6.839 m2. Nantinya akan disiapkan 496 lapak sebanyak, 18 ruko, dan 286 kios, dengan total jumlah pedagang sebanyak 800 pedagang.

Dia menjelaskan masa pengerjaan konstruksi berlangsung selama 270 hari, dan hari ini menjadi awal pembangunan Pasar Tradisional Natar menjadi pasar modern yang mengusung konsep bangunan ramah lingkungan.

“Ini nanti dibuat jadi pasar modern bukan hanya pasar higienis, dimana bangunan merupakan ‘green building’. Jadi dari sirkulasi udara, pencahayaan, pembuangan sampah, pengelolaan air, dan penggunaan material semua ramah lingkungan,” tambahnya.

Menurut dia, karena semua pembiayaan pembangunan pasar berasal dari APBN, maka setelah pembangunan selesai akan dilakukan hibah kepada pemerintah daerah.

“Nanti setelah selesai akan dihibahkan ke pemerintah daerah, dan untuk retribusi hanya untuk pelayanan operasional dan pemeliharaan saja,” pungkasnya.

Dengan di Pasar Natar Yang modern ini Masyarakat dan Pemerintah bersama bersama Merawat Untuk kebersihannya dan Keamanannya.Semoga Pasar Modern dapat bermanfaat bagi Masyarakat Lampung Selatan Khusus Warga Natar.(Siahaan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *