Minggu, Mei 19, 2024
Pringsewu

Caleg DPRD Lampung Melakukan Pembinaan kepada Komunitas Petani di Pekon Waringinsari Timur

Pringsewu hariansatelit.com

Calon anggota legislatif (Caleg)
DPRD Provinsi Lampung asal PDIP Andy Roby, SH, Senin (15/01/2024) kembali  berikan pembinaan kepada komunitas petani di Pekon Waringinsari Timur, Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu.

Kehadiran Caleg  dengan nomor urut 8 itu disambut anggota dan pengurus komunitas petani di Pekon setempat.

Salah satu petani  Sutikno Kepada media ini mengatakan kehadiran  Andy Roby ini merupakan  yang kedua kalinya di Pekon Waringinsari Timur’.

Belum pernah bang,  Caleg yang memiliki segudang ilmu pertanian seperti bang Roby, dan mau turun langsung ditengah tengah komunitas petani,” kata Sutikno.

Lalu, lanjut banyak sekali konsep bertani yang diberikan kepada kami, yakni mulai dari pengolahan lahan yang baik, pemilihan bibit yang benar,
Penyemaian padi, penanaman, perawatan rutin tanaman, pemupukan, pengendalian hama  penyakit, hingga ke pemanenan dan pemasaran hasil panen.

Bahkan tidak cukup disitu, bang Roby akan senantiasa mendampingi komunitas tani kami ini, beliau akan datang setiap dua bulan sekali untuk mberikan pembinaan.”ucap Sutikno.

Hal senada juga disampaikan Supardi, benar bang kecuali yang diungkap Pak Sutikno tadi, bang Roby juga berencana  setiap dua Pekon  akan dibuatkan alat untuk memproduksi Asap cair dengan bahan baku tongkol/janggel jagung.

Asap cair merupakan formula yang bermanfaat untuk perkembangan pertumbuhan tanaman , pengendalian hama penyakit, serta bermanfaat dalam memenuhi kekurangan pupuk hingga 25, persen,” ucap Supardi.

Sementara Andy Roby, SH  saat di konfirmasi media ini mengatakan ya benar kehadiran saya di Pekon Waringinsari Timur’ ini untuk memenuhi undangan komunitas petani dan  ini sudah menjadi agenda rutin bulanan.

Bang Roby juga mengaku rencana  pembuatan alat produksi asap cair disetiap dua Pekon  akan diberikan satu unit alat produksi asap cair.

Hal ini bertujuan sebagai pemanfaatan limbah yang selama ini dibakar begitu saja. Padahal banyak manfaat nya,dalam mendukung pertumbuhan tanaman, pengendalian hama serta bermanfaat untuk menutupi kekurangan pupuk hingga 20 sampai 25 persen,”papar nya.

Mudah mudahan apa yang sudah saya paparkan tadi ,akan membawa manfaat, bagi masyarakat di Pekon Waringinsari timur’ khususnya dan masyarakat di Kabupaten Pringsewu umumnya.

“Saya  juga berkeinginan, dengan pertemuan seperti ini, para petani akan semakin kompak, sebab hanya dengan kekompakan.itu lah cara untuk menuju kesuksesan,” tukasnya. (SANUSi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *