Sabtu, Juli 27, 2024
Lampung Timur

Perkuat Kemanunggalan TNI-Rakyat, Babinsa Koramil Purbolinggo Hadiri PKTD

Lampung Timur, hariansatelit.com

Sebagai Aparat yang mengawal program-program pembangunan di desa binaan, Babinsa Koramil 429-06/Purbolinggo Kodim 0429/Lamtim Sertu Prio Handoko hadir dalam kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD), di Desa Tambah Dadi, Kec. Purbolinggo, Kab. Lampung Timur, Minggu (14/01/2024).

Salah satu pendekatan utama dalam penggunaan Dana Desa adalah program Padat Karya Tunai Desa, yang memiliki fokus utama pada pembangunan sarana prasarana di desa dan pemberdayaan sumber daya alam secara lestari.

Program Padat Karya Tunai Desa menetapkan prinsip-prinsip yang menjadi landasan dalam pelaksanaannya. Prinsip inklusif, partisipatif, transparan, akuntabel, efektif, serta swadaya dan swakelola menjadi dasar untuk menjalankan program ini.

Ini berarti program ini tidak hanya bertujuan untuk membangun infrastruktur dan sumber daya alam, tetapi juga memastikan bahwa masyarakat desa terlibat dalam seluruh prosesnya.

Dalam kegiatan Padat Karya Tunai Desa, Babinsa bersama perangkat beserta warga desa membersihkan lapangan yang sudah ditumbuhi rumput serta sampah akibat dari sudah datangnya musim penghujan.

“Kegiatan ini adalah upaya pemerintah desa untuk memberdayakan warga masyarakat dalam hal pembangunan desa,” ucap Babinsa Sertu Prio Handoko disela-sela kegiatan.

Di Tempat terpisah, Danramil 06/Purbolinggo Lettu Inf. Ajis Soleh mengatakan, bahwa Setiap Babinsa harus selalu bersinergi dengan pemerintah setempat untuk memberikan pelayanan terbaik kepada warga binaan masing masing.

“Babinsa harus selalu hadir di tengah-tengah masyarakat dan berkontribusi secara nyata di lingkungan kerjanya guna terciptanya soliditas TNI, Polri dan rakyat dalam hidup bermasyarakat,” tuturnya.

“Kegiatan kerja bakti yang merupakan hal yang positif sangatlah perlu jika sering dilaksanakan agar kebersihan lingkungan tetap terjaga serta nampak indah dan nyaman,”pungkasnya. (Nasir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *