Sabtu, Juli 27, 2024
Bandar Lampung

Sekdaprov Lampung Menjadi Pembina Apel Peringatan Hari Amal Bhakti Kemenag RI ke-78

Bandar Lampung,hariansatelit com

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto menjadi Pembina Apel Peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia ke-78 di Halaman Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Rabu (3/1/2024).

Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama RI adalah momen memperingati lahirnya Kementerian Agama Republik Indonesia pada tanggal 3 Januari 1946. Dan pada tahun 2024 ini tepat berusia 78 tahun dengan mengusung tema ” Indonesia Hebat Bersama Umat”.

“Hari ini kita telah memasuki tahun 2024, setiap Tahun baru insan kementerian agama harus memiliki spirit ganda yang muncul dari pergantian tahun dan hari kelahiran kementerian agama, spirit ganda ini harus diwujudkan dalam bentuk amal bhakti yang semakin mendalam dan paripurna,” ucap Sekdaprov Fahrizal Darminto saat menyampaikan amanat tertulis Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas dalam apel HAB Kementerian Agama RI ke-78.

Sebagai institusi yang memiliki tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan dalam bidang agama dan pendidikan keagamaan, tugas kementerian agama tidaklah ringan. Dan diantara tugas berat tersebut adalah menjaga harmoni kehidupan beragama sebagai salah satu pilar kerukunan nasional.

Tugas berat ini dilaksanakan diantaranya dengan memberikan layanan yang adil, transparan dan akuntabel untuk seluruh umat beragama dan membangun katakter bangsa melalui pendidikan agama. Bekal pendidikan agama yang moderat adalah pondasi kokoh dalam mewujudkan kerukunan umat beragama demi tercapainya tujuan pembangunan.

Melalui berbagai program reguler dan 7 (Tujuh) program prioritas, Kementerian Agama terus bekerja keras melaksanakan tugas-tugas yang dimandatkan. Penguatan moderasi beragama, transformasi digital, revitalisasi KUA, kemandirian pesantren, Cyber Islamic University, Religousity Index, Tahun kerukunan umat beragama adalah upaya dalam memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat.

Menurut Menteri Agama RI Hasilnya sudah mulai terlihat, moderasi beragama sudah menjadi napas dalam setiap derap langkah insan beragama, Transformasi digital terlaksana di seluruh saluran kementerian agama dan lembaga-lembaga pendidikan keagamaan, KUA sudah bertransformasi menjadi semakin baik dalam memberikan layanan, Pesantren – pesantren mulai menapaki fase kemandirian dalam bidang usaha dan ekonomi, Cyber Islamic University sudah on the track, Religiousity Indeks mengalami peningkatan dan kerukunan umat beragama pun semakin meningkat.

“Masih banyak yang harus dibenahi dalam rangka perbaikan program mendatang. Kita jangan berpuas diri dengan berbagai hasil yang dicapai dan harus selalu mengevaluasi diri karena tugas kita belum usai. Momentum hari ini adalah saat yang tepat untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik,” ungkap Yaqut Cholil Qoumas.

Dalam sambutan tertulisnya Menteri Agama juga mengajak kepada selurun ASN kementerian Agama untuk meningkatkan spirit layanan kepada seluruh umat beragama. Indonesia hebat Bersama Umat adalah tema yang bermakna bahwa Kementerian Agama harus membersamai umat untuk menuju Indonesia yang hebat yang diwujudkan dengan memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat beragama.

“Mari kita wujudkan birokrasi yang melayani dan kita layani umat dengan senang hati, riang gembira dan penuh pengabdian. Jadikan pelayanan umat ini sebagai panggilan hati bukan semata kewajiban birokrasi,” ungkapnya.

“Jika pelayanan ini dilandasi panggilan hati maka saya yakin dan percaya akan terwujud birokrasi yang inklusif, transparan dan berdampak, kita akan betul-betul bersama umat yang berujung pada Indonesia hebat,” lanjutnya.

Selanjutnya dalam menyongsong Pemilihan umum 2024, Menteri Agama mengajak untuk senantiasa menjaga diri, keluarga dan masyarakat sekitar dan bagi ASN Kementerian Agama untuk senantiasa menjaga netralitas sesuai dengan ketentuan perundangan.

Kementerian Agama harus mengawal Pemilu dari potensi penggunaan politik identitas terutama identitas keagamaan, mengkampanyekan kepada masyarakat untuk tidak menggunakan politik identitas karena mudharatnya sangat besar dan dapat berujung pada disentigrasi bangsa.

Adapun Sebagai bentuk apresiasi atas pengabdian kepada negara, kementerian Agama tahun 2024 ini kembali memberikan penghargaan Satyalancana Karya satya kepada 10.198 ASN Kementerian Agama RI di seluruh Indonesia dengan rincian : Satyalancana Karya Satya 30 tahun sebanyak 1071 orang, Satyalancana Karya Satya 20 tahun 2810 orang dan Satyalancana Karya Satya 10 tahun 6 317 orang.

“Saya ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan, semoga penghargaan tersebut semakin meningkatkan kinerja ASN Kementerian Agama dan menambah kebanggaan sebagai bagian dari Korps Kementerian Agama Republik Indonesia,” pungkasnya.

Dalam rangkaian Peringatan HAB Kementerian Agama RI ke-78 dilakukan penyerahan bantuan sosial bagi yatim piatu dan dhuafa sekaligus bakti sosial kebersihan 5 (Lima) Rumah Ibadah yaitu : Masjid Al Anwar Teluk Betung, Gereja HKBP Bypass Kedaton, Vihara Bodhi Sattva, Pura Way Lunik, Gereja Katolik Tanjung Senang.

Dalam kegiatan tersebut, Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto menyampaikan bahwa dalam menyongsong Pemilu 2024 Kementerian Agama Wilayah Provinsi Lampung bersama masyarakat harus memperkuat komitmen untuk menjaga netralitas dan kerukunam umat beragama.

“Kita harus sama-sama memperkuat komitmen kita untuk Pemilu menjaga netralitas, menjaga toleransi, menjaga kerukunan beragama, memajukan pendidikan di segala bidang khususnya pendidikan agama, dan Pak Menteri minta momentum HAB ini semakin meningkatkan pelayanan kementerian agama pada pembinaan dan pendidikan keagamaan,” pungkas Sekdaprov Lampung. (Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *