Kamis, Juni 20, 2024
Bandar Lampung

Gubernur Lampung Buka Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan

Bandar Lampung,hariansatelit.com

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto Membuka Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan pada Rapat Forum Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung di hotel Kyriad, Rabu 27 Desember 2023.

Tujuan dari terselenggaranya acara ini untuk menguatkan komitmen Menyamakan Persepsi jajaran Disdukcapil Kabupaten/kota se-Provinsi Lampung guna mendukung kemudahan pelayanan publik dan penyelenggaraan pemilu serentak 2024 yang akan datang.Kamis (28/12/2023)

Gubernur Lampung dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekdaprov Lampung sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai sarana untuk evaluasi dan perbaikan kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung saya menyambut baik terselenggaranya kegiatan ini,” ujarnya.

Gubernur juga menyatakan, bahwa menjelang pelaksaan Pemilu serentak, Disdukcapil mempunyai peranan penting, antara lain dalam hal Pemutakhiran Data, Pengamanan data dan penuntasan perekaman pemilih pemula.

Disdukcapil juga memiliki peran dalam semua aspek pelayanan publik, dimana semua pelayanan saat ini memanfaatkan data disdukcapil seperti NIK, KTP, dan sebagainya, Sehingga sering dikatakan bahwa Dukcapil memang bukan pelayanan dasar tetapi merupakan dasar dari semua pelayanan.

Terkait hal tersebut, menurut Gubernur Dukcapil perlu terus melakukan transformasi digital untuk mendukung pelayanan publik dan pelayanan pemerintah dalam skala nasional agar terwujud dan terlaksananya Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Nasional.

Seperti yang telah diketahui, bahwa pada Tahun 2023, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Lampung mendapatkan penghargaan DUKCAPIL PRIMA untuk kategori Provinsi dengan Jumlah Penduduk Besar dari Kementerian Dalam Negeri RI.

“Saya berharap kepada seluruh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung supaya dapat terus mempertahankan kinerja yang sudah baik tersebut bahkan dapat ditingkatkan,” imbau Gubernur.

Keberhasilan tersebut tidak lepas dari adanya peran Forum Kadisdukcapil Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung yang terus berupaya meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan yang profesional, memenuhi standar teknologi informasi, dinamis, tertib, dan tidak diskriminatif guna memenuhi standar pelayanan prima di wilayah Provinsi Lampung.

Pada kesempatan tersebut Sekdaprov Lampung menyerahkan secara langsung penghargaan kepada Disdukcapil kabupaten/kota dengan kriteria Kinerja Sangat Baik yang diraih oleh Kota Metro dan Kabupaten Lampung Selatan. Sementara itu untuk kriteria Kinerja Baik diraih oleh 12 Kabupaten dan 1 Kota Bandar Lampung.

Masih dalam rangkaian kegiatan tersebut Sekdaprov Lampung memberikan cindera mata kepada Kadisdukcapil Provinsi Lampung yang lama Achmad saefullah sebagai wujud penghargaan atas dedikasi dan kinerja yang telah diberikan selama menjabat sebagai kadisdukcapil Provinsi Lampung. (Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *