Rabu, Juli 24, 2024
Pringsewu

HKSN Merefleksikan Nilai-nilai Kemanusiaan, Solidaritas, dan Saling Peduli Sesama

 

Pringsewu,hariansatelit.com

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka rangkaian peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) ke-65 Dan Bulan Bakti Karang Taruna Kabupaten Pringsewu bertempat di Lapangan Parerejo Pekon Parerejo, Rabu (20/12/2023).

Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional dan Bulan Bakti Karang Taruna Kabupaten Pringsewu mengusung tema ‘Perkuat Semangat Kesetiakawanan Sosial dalam Memerangi Kemiskinan’.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Lampung menyampaikan bahwa Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional adalah momentum untuk merefleksikan nilai-nilai kemanusiaan, solidaritas, dan saling peduli terhadap sesama.

Bulan Bakti Karang Taruna menjadi waktu yang tepat untuk mengapresiasi serta mendorong keterlibatan generasi muda, sebagai agen perubahan untuk membangun kesetiakawanan sosial di tengah-tengah masyarakat.

Gubernur melanjutkan bahwa kemiskinan bukanlah sekedar masalah ekonomi, melainkan juga dampak dari ketidaksetaraan dan kurangnya akses terhadap peluang hidup yang layak.

“Oleh karena itu, saya mengajak kita untuk bersama-sama memperkuat semangat kesetiakawanan sosial, tidak hanya sebagai bentuk bantuan sosial, tetapi juga sebagai upaya mewujudkan keadilan sosial dan memberikan peluang kepada setiap individu untuk berkembang secara maksimal,” ucapnya.

Gubernur menekankan bahwa diperlukan upaya bersama dan peran dari setiap lapisan masyarakat dalam menanggulangi masalah kemiskinan.

“Kesetiakawanan sosial bukanlah tanggung jawab pemerintah semata, melainkan tanggung jawab bersama yang harus diemban oleh seluruh elemen masyarakat,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur mengajak semua pihak untuk bekerja bersama dan meningkatkan kolaborasi untuk mengurangi kemiskinan.

“Mari kita tingkatkan kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta untuk menciptakan program-program inovatif yang dapat memberikan solusi konkret dalam memerangi kemiskinan. Sinergi antar lembaga dan pihak terkait adalah kunci keberhasilan dalam menciptakan perubahan yang signifikan,” ajaknya.

Pada kesempatan yang sama, Pj Bupati Pringsewu, Adi Erlansyah menyampaikan bahwa Peringatan HKSN merupakan bentuk apresiasi dan semangat serta dukungan kepada semua elemen masyarakat yang telah memberikan kontribusinya dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial, baik dari unsur lembaga ataupun masyarakat secara perorangan.

“Peringatan HKSN dan Bulan Bakti Karang Taruna sebagai simbol penyelenggara pembangunan kesejahteraan sosial tentunya ada nilai historis yang melandasinya.,” ucapnya.

Adi Erlansyah juga menyampaikan bahwa Kesetiakawanan Sosial dalam implementasinya mengembangkan sikap kebersamaan, kegotongroyongan dan kekeluargaan.

“Kesetiakawanan Sosial teraplikasikan oleh sikap dan perilaku yang dilandasi oleh pengertian, kesadaran, keyakinan, tanggung jawab dan partisipasi sosial sesuai dengan kemampuan dari masing-masing warga negara, masyarakat dengan semangat kebersamaan, kerelaan untuk berkorban demi sesama, kegotongroyongan dalam kebersamaan dan kekeluargaan,” ucapnya.

Adi Erlansyah berharap melalui berbagai perlombaan dan kegiatan serta penyerahan bantuan dalam rangka Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional Dan Bulan Bakti Karang Taruna diharapkan mampu membangun kesejahteraan di Kabupaten Pringsewu.

“Saya berharap berbagai perlombaan dan kegiatan serta penyerahan bantuan kepada masyarakat semakin dapat mengembangkan nilai serta mengamalkan kesetiakawanan sosial dalam masyarakat sehingga pembangunan kesejahteraan sosial di Kabupaten Pringsewu semakin lebih baik,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Karang Taruna Provinsi, Lampung Dendi Ramadhona dalam kesempatan tersebut mengharapkan dukungan pemerintah dalam menangani permasalahan sosial yang ada di masyarakat.

“HKSN ini adalah bertema permasalahan sosial, ini tidak ada habisnya, tiada hentinya. Maka memang sangat dibutuhkan support daripada pemerintah, pada kami-kami yang memang bergerak yang ada ditingkat- tingkatan Desa RT maupun kelurahan atau Pekon yang selalu bersinggungan langsung dengan kondisi masyarakat yang sebenarnya,” harapnya.

Selain melepas jalan sehat, Gubernur Lampung didampingi oleh PJ Bupati Pringsewu Adi Erlansyah, Ketua Umum Karang Taruna Provinsi Lampung Dendi Ramadhona juga menyerahkan bantuan sembako dan kursi roda, dan melakukan pengundian hadiah jalan sehat serta meninjau sunat massal yang diadakan di Klinik dr. Pratiwi & praktek dokter gigi drg. Anggun Pekon Parerejo. (Sanusiher)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *