Sabtu, Juli 27, 2024
Bandar Lampung

Peringatan ke-75 HBN, Presiden Ajak Masyarakat Kobarkan Semangat Bela Negara 

 

Bandar Lampung,hariansatelit.com

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto menjadi Inspektur Upacara Peringatan ke-75 Hari Bela Negara (HBN) di Lapangan Korpri Komplek Kantor Gubernur, Selasa (19/12/2023).

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung menyampaikan amanat tertulis Presiden RI pada Hari Bela Negara Ke-75 Tahun 2023 yang bertema ‘Kobarkan Bela Negara Untuk Indonesia Maju’.

“Hari Bela Negara ini merupakan momentum bagi kita untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju yang kita cita-citakan,” ucapnya.

Dengan tantangan kedepan yang semakin tidak terduga, Presiden RI menyampaikan diperlukan jiwa bela negara untuk menghadapi hal tersebut.

“Tantangan ke depan semakin tidak terduga. Kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata. Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak
dan risiko ketahanan negara,” ucapnya.

“Kita harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu,” lanjutnya.

Presiden RI juga menegaskan bahwa semangat bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif
seluruh elemen masyarakat.

“Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari,” tegasnya.

Presiden juga menegaskan bahwa setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit Bela Negara.

Diakhir, Presiden juga mengajak masyarakat untuk terus semangat dalam membela negara serta meningkatkan rasa cinta kepada tanah air.

“Pada Peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 ini, saya mengajak masyarakat Indonesia untuk mengobarkan semangat Bela Negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air,” ajaknya. (Herwan.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *