Rabu, Juli 24, 2024
Lampung Selatan

Gubernur Arinal Dampingi Wakil Menteri Pertanian Kunjungi Koperasi Produksi Ternak di Tanjung Saria

Lampung Selatan,hariansatelit.com

Gubernur Arinal Djunaidi mendampingi Kunjungan Kerja Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi, ke Koperasi Produksi Ternak (KPT) Maju Sejahtera, di Desa Wawasan Kecamatan Tanjung Sari Lampung Selatan, Selasa (12/12/2023).

Dalam sambutannya, Gubernur mengatakan bahwa Program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (SiKomandan) Kementerian Pertanian sebagai salah satu upaya meningkatkan populasi dan produksi ternak menunjukkan hasil kinerja yang sangat baik.

Target akseptor Inseminasi Buatan (IB) yang ditetapkan oleh Kementerian Pertanian untuk Provinsi Lampung sebesar 285.000 ekor, hingga 1 Desember 2023 telah terealisasi 322.016 ekor (113%), serta target kelahiran ternak sebanyak 160.740 ekor, sudah terealisasi sebanyak 193.833 ekor (121%).

Khusus Kabupaten Lampung Selatan hingga 1 Desember 2023 tercatat 46.478 ekor pedet/ anak sapi yang lahir. Hal ini memberikan peluang tercapainya peningkatan populasi, produksi serta mengurangi ketergantungan impor.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur juga mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung akan terus mendorong Program Kartu Petani Berjaya, khususnya dalam mendekatkan para petani dalam mengakses permodalan, serta mewujudkan Lampung sebagai lokomotif pertanian dan lumbung pangan nasional.

Di kesempatan yang sama, Gubernur secara khusus menyampaikan apresiasi kepada KPT Maju Sejahtera yang telah mengharumkan nama Provinsi Lampung di kancah nasional.

Diantaranya, Penghargaan Nasional sebagai Klaster Ketahanan Pangan terbaik Sub Sektor Peternakan/Perikanan dalam rangka mendukung Pengendalian Inflasi pada pertemuan tahunan Bank Indonesia, November 2021. Serta Penghargaan Korporasi Terbaik Tingkat Nasional yang diberikan oleh Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian pada Pekan Nasional Petani Nelayan (PENAS XVI) di Sumatera Barat, bulan Juni 2023.

“Selamat kepada seluruh peternak. Kita harus terus memajukan Lampung, khususnya Lampung Selatan sebagai lumbung ternak,” pungkas Gubernur.

Gubernur juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian atas berbagai dukungan dalam pengembangan peternakan di Provinsi Lampung.

Sementara itu, Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi menjelaskan, kehadiran Pemerintah Pusat dan Daerah di KPT Maju Sejahtera guna mewujudkan harapan masyarakat dan memastikan semua kegiatan, stimulus dan program-program berjalan dengan baik.

Wamentan akan mendorong Kabupaten Lampung Selatan menjadi daerah percontohan Indonesia terutama dalam mengembangkan koperasi dan produksi ternak berkualitas untuk memenuhi kebutuhan nasional.

Hal tersebut dikarenakan Lampung Selatan menjadi salah satu daerah terbaik yang memiliki potensi besar dalam pengelolaan hijauan pakan, pembiakan, pembuatan pupuk organik hingga pengolahan produk turunan ternak yang bisa diproduksi dalam skala besar.

Wamentan juga mengapresiasi program Kartu Petani Berjaya, yang terafiliasi dengan Kartu Tani serta keterlibatan Bank Himbara, karena memberikan berbagai kemudahan bagi para petani dalam upaya meningkatkan produktivitas pertanian dalam artian luas serta kesejahteraan petani. (Siahaan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *