Senin, Juli 15, 2024
Pesawaran

Diskominfotik Lampung Gelar Sosialisasi Aplikasi e-KPB Ke Perangkat Desa di Pesawaran

Pesawaran, hariansatelit.com

Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Lampung menggelar sosialisasi aplikasi Kartu Petani Berjaya berbasis elektronik (e-KPB) bagi perangkat desa di Kabupaten Pesawaran di Saung Djunjungan, Gedong Tataan, Rabu (13/12/2023).

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang diwakili Staf Ahli Gubernur Lampung Zainal Abidin berharap kegiatan ini dapat memberikan informasi dan manfaat penggunaan e-KPB bagi para petani di Kabupaten Pesawaran melalui para perangkat desa.

“Aparatur perangkat desa diharapkan berperan aktif menjadi agen e-KPB untuk membantu petani dan nelayan memiliki akses ke e-KPB”, ujar Zainal Abidin.

Selain itu, sosialisasi mengenai program e-PKB ini juga diharapkan dapat menjangkau dan mengedukasi seluruh para petani dan nelayan yang ada di Provinsi Lampung.

“Sosialisasi telah dilaksanakan di seluruh wilayah kabupaten di Provinsi Lampung. Pada bulan juli di Kabupaten Tanggamus dan bulan Desember di Kabupaten Pesawaran,” pungkanya.

Sementara, Kepala Bidang PBE Kominfotik Prov. Lampung Arief Nugroho yang juga selaku narasumber menyampaikan bahwa Sosialisasi e-KPB ini bertujuan meningkatkan pendapatan petani menuju kesejahteraan melalui kemudahan dan pembinaan.

“Kemudahan itu ialah kemudahan perolehan sarana produksi pertanian, akses permodalan dan pembinaan manajeman usaha, penanganan panen serta pasca panen serta pemasaran hasil usaha pertanian,” terang Arief.

Dirinya menambahkan bahwa dengan adanya peningkatan program Kartu Petani Berjaya dari offline ke online dapat memudahkan para petani khususnya petani di Kabupaten Pesawaran dalam akses informasi lainnya.

Dijelaskan bahwa sebelumnya program Kartu Petani Berjaya masih menggunakan kartu (offline), sejak tahun 2022 program ini telah di tingkatkan ke sistem elektronik (online).

“Harapannya dengan adanya peningkatan program e-KPB ini dapat menambah wawasan para petani dan nelayan dengan diiringi peningkatan penghasilan serta kesejahteraan para petani di Kabupaten Pesawaran,” tegasnya.

Sosialisasi dihadiri oleh peserta sebanyak 40 orang Aparatur perangkat desa se-Kabupaten Pesawaran.

Hadir juga dalam sosialisasi, Kepala Dinas PMD Kab. Pesawaran Nur Asikin, Kepala Dinas Kominfotiksan Kabupaten Pesawaran diwakili Kepala Bidang Sistem Informasi dan Statistik Karyadi dan ARP BPJS Kabupaten Pringsewu M. Angger Setiawan. (Farizi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *