Sabtu, Juli 27, 2024
Pringsewu

Caleg DPRD Lampung Andy Roby Sosialisasikan Konsep Bertani di Pekon Waringinsari Barat

Pringsewu, hariansatelit.com

Calon anggota legislatif (Caleg) DPRD Provinsi Lampung, Andy Roby, SH dari Partai PDIP Senin (11/12/2023) sosialisasikan konsep bertani di Pekon Waringinsari Barat Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu.

Dalam pertemuan pada malam hari itu, Caleg dengan Nomor urut 8 itu,  mengatakan,pada dasarnya kunci keberhasilan dalam pertanian  adalah adanya kekompakan petani itu sendiri dan tercukupinya masalah pengairan.

Sebab, kata Caleg yang akrab dipanggil bang Roby, Suatu Contoh bila petani tidak kompak dengan menanam jenis padi yang berbeda beda,maka akan sulit dalam pengendalian hama dan hasilnya pun tidak maksimal.

Kemudian, lanjutnya Sebagus apapun bibit dan pupuk yang kita miliki,apabila kebutuhan air terhadap tanaman tidak tercukupi maka hasilnya tidak akan maksimal .

Kemudian ,masih keterangan Roby, untuk memenuhi kebutuhan air bagi petani di Pringsewu ini,yang lebih maksimal adalah adalah adanya irigasi,dengan memanfaatkan air dari sungai Sekampung.

Namun,kesemuanya itu perlu adanya campur tangan dari pemerintah baik Kabupaten, Pemerintah Provinsi hingga ke Pemerintah Pusat itu sendiri,” tuturnya.

Kecuali masalah air,caleg yang sangat kental dengan ilmu pertanian itu juga mengenalkan bibit padi MSP 13 B, yang sudah terbukti keunggulan nya dan disaksikan ribuan orang saat acara panen raya pada tanggal 03 September 2023 yang lalu.

Salah satu anggota kelompok tani Pekon Waringinsari barat “Kadar” kepada media ini mengaku sangat mengapresiasi kehadiran Caleg yang benar benar paham tentang pertanian.

Selama ini saya belum pernah ketemu Caleg yang benar benar paham terhadap pertanian,dan baru bang Roby lah sosok Caleg yang mau berbagi ilmu tentang konsep bertani yang benar,” ucap Yono.

Hal Senada juga disampaikan “Kasidi dan menurutnya masih banyak lagi ilmu yang mereka  dapat kan dari bang Roby, seperti keunggulan jenis padi MSP 13 B, manfaat formula Asap cair dalam pengendalian hama serta bermanfaat untuk menutupi kekurangan pupuk hingga 15 persen,” tukasnya.

Kemudian, lanjut Kasidi.. bang Roby juga memberikan penjelasan tentang manfaat buah Maja serta cara pengendalian hama wereng dengannya menggunakan air tumbukan rumput”imbuh nya” (Sanusi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *