Minggu, Mei 19, 2024
Bandar Lampung

IJTI Gelar Seminar Tema” Media Menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024

Bandar lampung,hariansatelit.com

Bagi KPU media itu sangat penting dalam menyampaikan informasi kepemiluan yang valid sehingga bisa di akses oleh masyarakat,” demikian dikatakan Antoniyus Cahyalana, Anggota Komisioner KPU Lampung, pada Seminar bertema “Media Menghadapi Pemilu Serentak 2024”, di Hotel Kurnia, Bandar Lampung, Jumat (8/12/2023).

Dari kaca mata KPU sendiri, lanjut dia, media punya peran penting dalam pemberitaan pemilu, dan dari kredibilitas media juga bisa dikatakan valid.

Antoniyus mengingatkan, agar media dalam pemberitaan harus berimbang.

“Jangan ada keberpihakan kepada salah satu calon capres ataupun cawapres tertentu,” ujarnya.

“Kita tidak memungkiri pemilik media punya latar belang politik atau keberpihakan kepada salah satu calon tertentu, tapi pemberitaan media itu harus berimbang dan netral,” tegasnya.

Dikatakan, bagi media yang bermasalah dalam pemberitaan pemilu akan diserahkan langsung kepada Dewan Pers.

“Kami punya kesempakatan dengan KPI dan Dewan Pers, tentu akan kami serahkan ke Dewan Pers jika ada media bermasalah,” kata dia.

Sementara, Anggota Bawaslu Provinsi Lampung Ahmad Qohar menyampaikan, bahwa sejauh ini pemberitaan media di tahapan kampanye pemilu masih normal hingga sekarang

“Inikan baru hari ke 10 kampanye menurut kami, media masih sangat normal,” ucap dia.

Ia berharap adanya kegiatan seminar yang diselenggarakan IJTI (Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia) bisa menjadi pematik bagi media dalam sistem partisipasi pengawasan.

“Kami berharap juga dari kegiatan ini bisa menjadi pematik pemicu kedepannya karena Bawaslu tidak bisa bekerja sendiri tanpa bantuan media dalam sistem pengawasan,” pungkas Ahmad Qohar.

Dari pantauan di Lokasi Kegiatan Peserta Cukup banyak mengikuti Seminar ini. Kalau di lihat Peserta sangat antusias mengikuti Seminar ini.Untuk Menambah Pengetahuan Pemilu membuka Wawasa Berpikir tentang Pemilu.(Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *