Minggu, Maret 3, 2024
Lampung Timur

Hari Guru 2023, Dawam Tekankan Pentingnya Peran Guru Wujudkan Generasi Emas 2045

Lampung Timur, hariansatelit.com

Bupati Lampung Timur M Dawam Rahardjo menekankan pentingnya peran guru sebagai motor penggerak terwujudnya generasi emas 2045.

Pasalnya, guru memiliki andil besar dalam pembentukan karakter peserta didik, terutama dalam membentuk pribadi anak yang berintegritas, berakhlak mulia, dan berjiwa Pancasila. Sekaligus bisa menjadi generasi unggul dan berdaya saing.

“Guru memegang peran kunci bagaimana generasi muda bangsa ini dibentuk, jadi generasi emas untuk mewujudkan Indonesia emas 2045 sangat ditentukan bagaimana kualitas pendidikan saat ini,” tegas Dawam saat acara senam bersama dalam rangka PGRI Ke-78 dan Hari Guru Nasional Tahun 2023 PGRI Kabupaten Lampung Timur yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka Kecamatan Bandar Sribhawono, Sabtu (02/12/2023).

Para guru di Indonesia saat ini ibarat motor penggerak yang akan menentukan ke arah mana kemudi akan bergerak dan melaju,” imbuhnya.

Bupati Lamtim menyampaikan guru memegang peranan penting agar anak-anak Indonesia tumbuh memiliki kreativitas tinggi, kedalaman ilmu, penuh dengan inovasi, dan berkarakter atau berbudi pekerti luhur.

Oleh sebab itu menjadi keharusan bahwa setiap guru harus terus mengembangkan diri melalui inovasi-inovasi dan kreativitas.

“Perkembangan teknologi digital mendorong guru terus beradaptasi dengan berbagai proses pembelajaran, mengembangkan inovasi dan kreatifitas guna menghadapi tantangan yang dinamis baik di dalam maupun di luar negeri. Sebab pendidikan itu seharusnya _long life education. Minal Mahdi Ilal Lahdi,_ dari buaian hingga ke liang lahat,” ungkapnya.

Ia menjelaskan guru adalah agen perubahan yang akan menjadi role model dalam upaya mempersiapkan generasi emas Indonesia. Guru juga diharapkan mampu menghadapi berbagai tantangan zaman.

Harapannya anak-anak di negeri ini pun memiliki mental tangguh menghadapi tantangan global.
Lebih lanjut Bupati berterimakasih atas jasa para guru.

“Saya Mengucapkan terimakasih kepada para guru atas jasa-jasanya yang berjuang untuk kecerdasan rakyat Indonesia,” katanya.

Lebih lanjut, Dawam mengucapkan Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI yang Ke-78. “Atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur, saya ucapkan selamat Hari Guru Nasional, dan selamat Ulang Tahun yang Ke-78 kepada Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Semoga semakin maju dan berkembang serta berjaya,” pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua TP PKK Lampung Timur, Yus Bariyah Dawam Rahardjo, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Marsan, Kepala PGRI Lampung Timur, Agus Sujarwo Serta Seluruh Korwil PGRI dan Seluruh Guru di Kabupaten Lampung Timur. (nasir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *