Sabtu, Juli 27, 2024
Bandar Lampung

Arinal Apresiasi Penyelenggaraan Kegiatan Bakti Sosial Kesehatan Tzu Chi ke-142

Bandar Lampung,hariansatelit.com

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menghadiri acara Operasi Gratis Bakti Sosial Kesehatan Tzu Chi ke -142 di Halaman Rumah Sakit Budi Medika, Jum’at (1/12/2023).

Yayasan Tzu Chi merupakan lembaga sosial kemanusiaan yang didirikan oleh Master Cheng Yen pada tahun 1966 dan berpusat di Hualien, Taiwan. Sedangkan di Provinsi Lampung sendiri Yayasan Tzu Chi berdiri sejak tahun 2002.

Tzu Chi hingga kini telah tersebar ke 67 negara di dunia dan telah memberikan bantuan ke lebih dari 128 negara (data per tahun 2022) tanpa memandang suku, ras, dan agama dan berprinsip pada cinta kasih universal.

Pemerintah Provinsi Lampung sangat menjamin keberagaman dan kebebasan beragama dan selalu mendukung setiap kegiatan kemanusiaan yang memberikan mafaat secara langsung kepada masyarakat baik dibidang kesehatan, pendidikan dan kelestarian lingkungan hidup.

Acara yang diselenggarakan atas kerjasama antara Korem 043/Garuda Hitam dengan Yayasan Tzu Chi Lampung dalam rangka Bakti Sosial Kesehatan Tzu Chi ke-142 berupa pelaksanaan operasi gratis Katarak, Pterygium, Hernia dan Benjolan untuk 280 orang masyarakat tidak mampu.

Kegiatan direncanakan digelar mulai tanggal 1 Desember 2023 sampai dengan tanggal 2 Desember 2023 yang dipusatkan di Rumah Sakit Budi Medika Bandar Lampung.

Gubernur sangat mengapresiasi kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan dan memberikan manfaat sebesar – besarnya untuk kemanusiaan.

“Dalam kegiatan hari kita bisa melihat orang yang mampu menolong yang tidak mampu, jangan tanyakan apa yang kamu dapat tapi tanyakanlah apa yang bisa kita perbuat,” ucap Gubernur Arinal.

Pemerintah Daerah bersama masyarakat memiliki tanggung jawab bersama untuk memastikan masyarakat memperoleh akses yang sama dalam pelayanan kesehatan.

Akses pelayanan kesehatan yang adil dan merata akan mewujudkan masyarakat yang produktif dan sejahtera, hal ini sejalan degan salah satu misi Pemerintah Provinsi Lampung yaitu mewujudkan Lampung Sehat.

“Semoga kegiatan yang dilandasi oleh kemanusiaan ini dapat memberikan manfaat yang besar kedepannya bagi masyarakat,” lanjutnya.

Gubernur berharap agar kegiatan bakti sosial ini tidak hanya dilakukan saat ini saja, namun menjadi program rutin setiap tahunnya sehingga semakin banyak masyarakat yang merasakan manfaatnya.

“Langkah nyata yang dilakukan saat ini dan sangat penting untuk masyarakat agar dapat akses terhadap kesehatan dengan baik,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Arinal Djunaidi didampingi jajaran Forkopimda Provinsi Lampung dan Ketua Yayasan Tzu chi Lampung Alesius Gunawan menyerahkan Bantuan sosial secara simbolis berupa sembako kepada 5 orang perwakilan peserta yang akan menjalani operasi Gratis.

Selanjutnya Gubernur Lampung berkesempatan untuk meninjau posko-posko pemeriksaan kesehatan yang diperuntukkan bagi para pasien yang telah lolos screening sebelum menjalani operasi. Di salah satu posko pemeriksaan Tekanan darah Gubernur Arinal djunaidi menyempatkan diri untuk memeriksakan tekanan darahnya.

Disela – sela kesempatan Gubernur Arinal Djunaidi memberikan tanggapan tentang penyelenggaraan acara Bakti Sosial yang Diselenggarakan oleh Yayasan Tzu Chi.

“Acara ini sebagai contoh yang sangat baik sehingga masyarakat betul-betul merasakan manfaatnya, dan ini bisa dicontoh oleh yang lainnya,” pungkasnya.

Adapun Sumiono (63 Tahun) pasien asal Kota Metro yang mendapatkan kesempatan operasi Hernia gratis dan Sugiarto (71 Tahun) pasien asal Mesuji yang akan melaksanakan operasi Katarak gratis mengatakan bahwa mereka sangat bahagia, karena tidak mungkin bisa operasi akibat keterbatasan ekonomi dan mereka bersyukur mendapatkan bantuan operasi gratis ini.

Hadir dalam acara, jajaran Forkopimda Provinsi Lampung, Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Direktur RSUDAM, Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Lampung dan Direktur Rumah Sakit Budi Medika. (Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *