Jumat, Mei 24, 2024
Pesawaran

Menuju Pelayanan Kesehatan Berkualitas, Puskesmas Waylima Siap Raih Akreditasi Paripurna

Pesawaran, hariansatelit.com

Untuk menentukan status berdasarkan kreteria yang ditetapkan Pemerintah. Puskesmas Kota Dalam Kecamatan Waylima Kabupaten Pesawaran mengusulkan perbaikan sistem pelayanan Puskesmas menuju akreditasi Paripurna.

Terkait hal tersebut, Ka. Puskesmas Kota Dalam, NS Pujiati, S.Kep,M.Kes mengatakan, mengenai perbaikan akreditasi ini Puskesmas Kota Dalam dibantu oleh Lembaga Pelayanan Akreditasi (LPA) Laskesi. Dimana LPA Laskesi tersebut merupakan lembaga yang membantu Kemenkes RI terkait urusan akreditasi.

“Untuk saat ini baru tahap Re Akreditasi secara luring oleh Tim Surveyor LPA Laskesi selama 3 hari berjalan, dimulai pada hari ini hingga tanggal 30 November,” Jelas NS Pujiati, Selasa (28/11/23).

Adapun indikator penilaian yang dilakukan Tim survei sebutnya, mencakup kegiatan dalam gedung yang disebut dengan Usaha Kesehatan Persorangan (UKP) dan kegiatan diluar gedung yang disebut dengan Usaha Kesehatan Masyarakat (UKM).

“Penilaian itu juga dilihat dari sarana prasarana dan kelayakan dari unit Puskesmas, dan begitu juga standarisasi dari tenaga medis yang ada di Puskesmas Kota Dalam juga menjadi penilaian Tim Surveyor,” Kata Kepala Puskesmas Kota Dalam.

Tujuan dilakukannya peningkatan sistem akreditasi ini lanjutnya, adalah untuk membina Puskesmas dan fasilitas pelayanan kesehatan primer dalam upaya untuk berkelanjutan memperbaiki sistem pelayanan kinerja yang berfokus pada kebutuhan masyarakat, keselamatan dan manajemen resiko.

“Dengan mengantongi akreditasi paripurna, manfaatnya akan lebih besar bagi Puskesmas kita kedepannya, terutama dalam bidang pelayanan kesehatan semakin meningkat. Dan saya optimis jika Puskesmas Kota Dalam sudah layak mendapatkan akreditasi paripurna,” Ungkapnya diakhir pembicaraan. (Farizi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *