Jumat, Mei 24, 2024
Bandar Lampung

Ketua Dekranasda Lampung Buka Kegiatan Capacity Building

Bandar Lampung,hariansatelit.com

Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, membuka kegiatan Capacity Building Dekranasda Provinsi Lampung, di Taman Wisata Lembah Hijau, Selasa (28/11/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Riana Sari Arinal mengaku bahwa dirinya merasa bangga dan bersyukur dapat bertemu para perajin andalan Provinsi Lampung.

Riana Sari menyebut para perajin binaan Dekranasda Provinsi Lampung ini sebagai Pahlawan karena telah mendukung dan mendorong peningkatan perekonomian baik di Kabupaten/Kota maupun Provinsi Lampung, terlebih lagi ketika mengalami masa-masa sulit dan terpuruknya perekonomian akibat hantaman pandemi Covid-19 yang lalu.

Melalui berbagai upaya, kerja keras, kerjasama, dan semangat juang untuk terus maju, kata Riana Sari, secara bertahap perjuangan itu telah membuahkan hasil. Diantaranya, keberhasilan meningkatnya omset penjualan, peningkatan kualitas dan daya saing produk serta penciptaan lapangan kerja dan serapan tenaga kerja sektor kriya.

“Kita menyaksikan, kerajinan Lampung saat ini sudah naik kelas. Hal ini bukanlah sebuah perjalanan yang mudah dan singkat. Hanya oleh karena kecintaan pada budaya Lampung, serta dorongan semangat yang tinggi untuk terus berkarya dan maju, membuat kerajinan Lampung bisa sampai pada titik ini,” kata Riana Sari.

Riana Sari mengungkapkan, saat ini Tapis Lampung telah melanglang buana sampai ke mancanegara dan semakin digemari karena kualitas dan diversifikasi produk yang beragam. Batik Lampung, kain tenun, maduaro, sulam usus dan produk tikew Lampung juga semakin dikenal dan digemari. Selain itu, telah banyak Penghargaan dan pengakuan yang sudah diterima, baik di tingkat daerah maupun Nasional.

Menjelang akhir tahun 2023, Dekranasda Provinsi Lampung melaksanakan program dan dukungan bagi para perajin yaitu Capacity Building Dekranasda Provinsi Lampung. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 300 perajin binaan Dekranasda Provinsi Lampung.

Kegiatan ini bertujuan selain membangun kebersamaan yang erat, juga untuk memperkuat kemampuan baik secara individu maupun kelompok dalam mengembangkan sumber daya yang ada dalam menghadapi tantangan atau masalah, dengan mengembangkan kemampuan teknis manajerial dan leadership, serta meningkatkan kemampuan dalam pemasaran secara digital.

“Saya berharap melalui acara ini kita semua dapat meningkatkan semangat berkarya, berkolaborasi dan rasa persatuan di antara perajin,” kata Riana Sari.

“Saya juga mengajak kita semua untuk terus mencintai warisan-warisan budaya Lampung, dan dengan rasa bangga melestarikan dan menghasilkan produk-produk terbaik,” pungkas Istri Gubernur Arinal Djunaidi ini menutup sambutannya.

Di kesempatan yang sama, Riana Sari menyerahkan sejumlah bantuan kepada perajin dari 15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung. Bantuan yang berasal dari Pemerintah Provinsi Lampung ini sebagai wujud dukungan Gubernur bagi para perajin dan kepedulian bagi kemajuan kerajinan di Provinsi Lampung.

Bantuan yang diserahkan berupa 1 buah rombong, 1 buah mesin jahit, 1 buah mesin obras dan benang emas tapis. Secara simbolis, bantuan diserahkan kepada perwakilan perajin asal Pringsewu, Tanggamus, Pesisir Barat. (Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *