Sabtu, Juli 27, 2024
Pringsewu

Caleg DPRD Lampung Andy Roby Sosialisikan Masalah Pertanian ke Poktan Pekon Yogyakarta

Pringsewu,hariansatelit.com

Calon anggota legislatif (Caleg) DPRD Provinsi Lampung ,Dapil 3 Nomor urut 8, Andy Roby, SH dari Partai PDIP Selasa (28/11/2023) sosialisikan masalah pertanian dengan kelompok tani (Poktan) di Pekon Yogyakarta kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu

Dan pada malam hari nya  Sosialisasi dilanjutkan dengan kelompok tani yang ada di Pekon Panggungrejo Utara, kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu.

Dalam pertemuan di kedua lokasi  itu Caleg yang akrab disapa bang Roby  mengatakan,pada dasarnya kunci keberhasilan dalam pertanian itu adalah tercukupinya masalah pengairan.

Sebab ,Sebagus apapun bibit yang kita punya, sebagus apapun pupuk yang kita miliki,apabila kebutuhan air terhadap tanaman tidak tercukupi maka hasilnya tidak akan maksimal,” ucap Roby.

Kemudian,lanjut Roby, untuk memenuhi kebutuhan air bagi petani di Pringsewu ini,yang lebih maksimal adalah adalah adanya irigasi,dengan memanfaatkan air dari sungai Sekampuh yang membentang di jantung kota Pringsewu itu sendiri.

Namun hal ini perlu adanya campur tangan dari pemerintah baik Kabupaten, Pemerintah Provinsi hingga ke Pemerintah Pusat itu sendiri,” tuturnya.

Kecuali masalah air,caleg yang sangat kental dengan ilmu pertanian itu juga mengenalkan bibit padi MSP 13 B, dan formula Asap cair .

Salah satu anggota kelompok tani Paryono kepada media ini mengaku sangat mengapresiasi kehadiran Caleg yang benar benar paham tentang pertanian.

Selama ini saya belum pernah ketemu Caleg yang benar benar paham terhadap pertanian,dan baru bang Roby lah sosok Caleg yang mau berbagi ilmu tentang konsep bertani yang benar,” ucap Paryono.

Kemudian ,lanjutnya,anyak sekali ilmu yang kami dapat dari bang Roby, seperti keunggulan jenis padi MSP 13 B, manfaat formula Asap cair, penanggulangan hama wereng mengunakan tumbukan rumput,

Bahkan tidak cukup disitu saja, kecuali bersosialisasi bang Roby juga bersedia mendampingi kami dalam bertani dan rencananya setiap dua bulan sekali bang Roby siap hadir ditengah tengah kelompok tani untuk berbagi ilmu tentang pertanian,” imbuh Paryono. (Sanusi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *