Sabtu, Juni 22, 2024
Bandar Lampung

Pemprov Lampung Gelar Festival Seni Budaya dan Kejuaraan Pencak Silat

Bandar Lampung,hariansatelit.com

Gubernur Lampung diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Provinsi Lampung, Intizam, membuka Festival Seni Budaya dan Kejuaraan Pencak Silat Lampung Berjaya Tahun 2023 bertempat di Lapangan Korpri Kantor Gubernur, Rabu (22/11/2023).

Festival Seni Budaya dan Kejuaraan Pencak Silat Lampung Berjaya 2023 masuk dalam rangkaian Festival Nemui Nyimah 2023 yang dilaksanakan dari tanggal 16-26 November 2023.

Dalam penyelenggaraannya, Festival Seni Budaya dan Kejuaraan Pencak Silat Lampung Berjaya 2023 diikuti oleh 1.500 atlet dan 360 official yang berasal dari Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung serta terdapat pula peserta yang berasal dari luar provinsi Lampung yaitu : Jambi, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Banten, Jakarta, Jawa Barat dan Surabaya.

Festival Seni Budaya dan Kejuaraan Pencak Silat Lampung Berjaya 2023 akan berlangsung mulai tanggal 22-24 November 2023 yang dibagi menjadi 2 (dua) agenda yaitu : Festival Seni Budaya yang akan berlangsung pada tanggal 22 November 2023 di Lapangan Korpri Kantor Gubernur dan Kejuaraan Pencak Silat Lampung yang akan berlangsung pada tanggal 23-24 November 2023 di Green Sport Arena Lampung.

Gubernur Lampung dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Provinsi Lampung, Intizam, menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini memiliki berbagai tujuan, yaitu :

1. Menjadikan Lampung Kaya Festival, dengan banyak menggelar kegiatan- kegiatan baik tingkat lokal, regional, nasional bahkan internasional.

2. Meningkatkan pergerakan wisatawan nusantara ke Provinsi Lampung dalam hal ini mensukseskan program pusat dengan gerakan Bangga Berwisata di Indonesia.

3. Turut serta dalam menyambut dan memeriahkan HUT KORPRI Ke – 52 Tahun 2023 tingkat Provinsi Lampung.

4. Merupakan perwujudan dari sinergitas dan kolaborasi penyelenggaraan kegiatan antara pemerintah, komunitas, media dan pelaku usaha.

5. Menciptakan kesempatan bagi dunia usaha maupun masyarakat untuk mempromosikan dan memasarkan produknya saat festival berlangsung dan peluang bisnis bagi para pelaku UMKM.

6. Sarana untuk mendorong percepatan pemulihan dan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung.

7. Menjalin silaturahmi kebersamaan antara Pemerintah Provinsi Lampung dengan masyarakat dalam bentuk kegiatan festival seni budaya dan olahraga.

Gubernur juga menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung mendukung penyelenggaraan kegiatan ini, bukan hanya ditampilkan sebagai cabang olahraga beladiri melalui pertandingan/ kejuaraan namun disisi lain adalah Pencak Silat sebagai Seni Budaya yang ditampilkan untuk mengangkat tradisi kearifan lokal masyarakat adat.

“Pemerintah Provinsi Lampung bersama dengan jajaran Pengurus Ikatan Pencak Silat baik Tingkat Provinsi maupun kabupaten/ kota akan terus berupaya untuk memfasilitasi para pelatih sehingga dapat mengevaluasi kemajuan dan peningkatan kemampuan siswa/siswi peserta latihan,” ucap Gubernur.

“Secara kontinyu sering menyelenggarakan kegiatan kejuaraan yang sifatnya pemasalan dan meningkatkan minat anak untuk berani dan percaya diri akan kemampuan yang dimilikinya selama berlatih pencak silat seperti halnya kegiatan Festival Seni Budaya dan Kejuaraan Pencak Silat Lampung Berjaya 2023 ini,” lanjut Gubernur.

Diakhir, Gubernur berharap melalui kegiatan-kegiatan seperti ini akan muncul bibit-bibit atlet berprestasi dari Pencak Silat.

“Kedepan, saya harapkan akan muncul potensi daerah dari Pencak Silat, atlet-atlet yang berprestasi dan tentunya tetap dengan semangat menjunjung tinggi nilai- nilai sportivitas dan ikut mensukseskan masyarakat Lampung Berjaya, yakni kehidupan masyarakat Lampung yang aman, berbudaya, maju berdaya saing serta sejahtera melalui Pencak Silat sebagai seni budaya dan olahraga,” pungkasnya. (Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *