Minggu, April 14, 2024
Metro

Pemkot Metro Helat Sosialisasi Satu Data Indonesia

Metro, hariansatelit.com

Sekretaris Daerah Kota Metro memimpin Rapat Koordinasi Satu Data Indonesia (SDI)Tingkat Kota Metro Tahun 2023, yang berlangsung di OR Setda Kota Metro, Rabu (22/11/2023).

Rapat Koordinasi Satu Data Indonesia (SDI) Tingkat Kota Metro Tahunan Anggaran 2023 diikuti oleh 41 admin Website Satu Data Kota Metro, menghadirkan 3 Narasumber dari Kepala BPS Kota Metro, Kepala Bappeda Kota Metro dan Kepala Dinas Kominfo Kota Metro.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Metro Subehi, S.STP, M.M. melaporkan bahwa darar pelaksanaan Rapat Koordinasi Satu Data Indonesia (SDI) Tingkat Kota Metro Tahun 2023 adalah Undang – Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik, Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, Peraturan Badan Pusat Statistik Nomor 4 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Standar Data Statistik, Peraturan Gubernur Lampung Nomor 37 tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 43 tahun 2020 tentang Satu Data Provinsi Lampung dan Peraturan Walikota Metro Nomor 5 Tahun 2023 tentang Satu Data Indonesia Tingkat Kota Metro.

“Dinas Kominfo Kota Metro selaku wali data tingkat daerah mempunyai tugas untuk memeriksa kesesuaian data yang disampaikan oleh produsen data tingkat daerah sesuai dengan prinsip Satu Data Indonesia, menyebarluaskan data dan metadata di Portal Satu Data Indonesia dan membantu pembina data tingkat daerah dalam membina produsen data yang ada di tingkat daerah,” ujarnya.

Subehi juga menuturkan maksud dari adanya penyelenggaraan Rapat Koordinasi Satu Data Indonesia Tingkat Kota Metro Tahun 2023, sebagai sarana koordinasi bagi Forum Satu Data Indonesia Tingkat Kota Metro dengan tujuan kegiatannya adalah melakukan penguatan kolaborasi dan sinergitas antara pembina, wali data, dan produsen data Satu Data Indonesia Tingkat Kota Metro.

“Kita juga sudah melakukan bimtek di bulan Oktober dan Desember 2022, harapannya dengan adanya kegiatan tersebut kita dapat memiliki pemahaman yang sama terkait dengan progres SDI serta dapat menambah nilai indeks satu data yang ada di Kota Metro ini,” bebernya.

Selain itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Metro, juga menekankan kepada seluruh OPD yang bertanggungjawab terhadap data tersebut untuk melakukan kroscek terlebih dahulu sebelum data tersebut terpublikasi.

“Hasil dari kegiatan rapat ini juga saya harapkan dapat menjadi evaluasi kita bersama sebagai tindaklanjut untuk yang akan datang supaya menjadi lebih baik,” harapnya.

Sekretaris Daerah Kota Metro Ir. Bangkit Haryo Utomo,MT menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Metro telah membentuk Forum Satu Data Tingkat Daerah melalui Surat Keputusan Wali Kota Metro No. 131/KPTS/D-13/2023 tentang Pembentukan Forum Satu Data Indonesia (SDI) Tingkat Kota Metro guna mendukung Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Bangkit juga menuturkan bahwa data saat ini telah menjadi kebutuhan mendasar bagi perencanaan dan evaluasi Pembangunan, baik di daerah maupun pada tingkat nasional.

“Baik itu data-data yang berasal dari sektor pemerintahan, kependudukan, pendidikan, kesehatan, sosial, ketenagakerjaan, pertanian dan lain sebagainya. Maka dari itu Pemerintah Kota Metro melalui Forum SDI Tingkat Kota ini terus mengupayakan peningkatan kualitas data baik di dalam perencanaan, pengumpulan, penyajian dan publikasinya,”jelasnya.

Hadirnya Portal Satu Data Indonesia Tingkat Kota Metro yang bisa diakses melalui portal data.metrokota.go.id merupakan wujud kongkrit implementasi satu data yang disajikan dalam bentuk data yang telah melalui tahapan validasi sehingga data yang tersajikan merupakan data yang seakurat mungkin untuk dibagi pakaikan.

“Segala upaya yang telah diberikan oleh berbagai pihak dalam mewujudkan Satu Data Indonesia mempunyai tujuan untuk mendukung keterbukaan informasi publik, menjadi rujukan informasi dasar, perencanaan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Sebagai Sekretaris Daerah sekaligus menjadi Wakil Pengarah pada Forum Satu Data Indonesia Tingkat Kota Metro, juga mengapresiasi kepada seluruh peserta karena dapat hadir pada Rapat Koordinasi Satu Data Indonesia (SDI) Tingkat Kota Metro Tahun Anggaran 2023.

“Semoga dengan adanya rakor ini dapat menjadi wadah untuk berdiskusi dan serta saling memberikan masukan untuk mewujudkan Satu Data Kota Metro yang akurat, tepat dan bermanfaat,” pungkasnya.

Diakhir penyampaiannya, Bangkit berharap dengan adanya rapat koordinasi yang dihadiri oleh seluruh admin Satu Data Indonesia yang ada di masing-masing OPD dapat melaksanakan fungsinya dengan baik agar dapat terimplementasikannya Satu Data Indonesia di Kota Metro. (Hendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *