Senin, Juli 15, 2024
Bandar Lampung

Pemprov Lampung Gelar Rapat Evaluasi Pengadaan Barang dan Jasa

Bandar Lampung,hariansatelit.com

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto membuka Rapat Evaluasi Pengadaan Barang dan Jasa Tahun 2023 serta Persiapan Pengadaan Barang dan Jasa Metode Tender & E-purchasing Tahun 2024 bertempat di Hotel Horison, Senin (20/11/2023).

Dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto menyampaikan bahwa dalam Rakornas PBJ Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh LKPP RI, Pemerintah Provinsi Lampung mendapatkan penghargaan dengan kategori ‘Jumlah Persentase Produk Dalam Negeri (PDN) Terbesar tingkat Provinsi’.

“Ini adalah kebijakan Presiden, Presiden menekankan bahwa uang pemerintah baik itu dalam APBN/APBD itu harus diprioritaskan, kita belanjakan pada produk-produk yang kita hasilkan sendiri dari dalam negeri. Selagi produk itu ada substitusinya maka kita harus prioritaskan produk dalam negeri, bahkan wajib,” ucapnya.

Sekdaprov dalam kesempatan tersebut juga memandang bahwa aspek pengadaan barang dan jasa harus dikelola secara transparan dan akuntabel.

“Aspek pengadaan barang dan jasa itu penting, bukan hanya di lembaga pemerintah tapi di swastapun hal itu harus transparan dan apabila tidak transparan dan akuntabel maka akan terjadi pemborosan. Dalam lembaga pemerintah, selain menghindari pemborosan, ada guna-guna lain juga. Kita ini uang pemerintah, pokok kita harus dilakukan dengan cara transparan, akuntabel, partisipatif dan lain-lain,” lanjut Sekdaprov.

“Akses progresif atau pengadaan ini memang tidak simpel sebetulnya, tapi Alhamdulillah sekarang dengan teknologi digital, kita sudah ada e-katalog, E-purchasing dan lain-lain. Ini lebih transparan terutama untuk produk-produk kita, produk-produk yang memang sudah dibuat sehingga produk-produk itu kita masukkan dalam e-katalog,” lanjutnya.

Terkait Katalog Elektronik Lokal Provinsi Lampung, Sekdaprov menyampaikan bahwa Provinsi Lampung sudah cukup baik, dan sudah memiliki capaian 41 Etalase dengan 18 ribu lebih produk dari 586 penyedia.

Sekdaprov dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh kabupaten/kota maupun satuan kerja yang telah menerima penghargaan dalam acara tersebut.

“Kami ucapkan selamat kepada kabupaten/kota/ satker yang telah menerima penghargaan, mudah-mudahan ini akan menjadi semangat kita bagi yang sudah mendapat penghargaan, maupun yang belum. Ini pertanda bahwa kita semakin menyempurnakan, birokrasi kita semakin baik,” ucap Sekdaprov.

Diakhir Sekdaprov berharap dengan tekad, semangat dan didukung oleh teknologi, kinerja pemerintah akan semakin baik dan menghasilkan pembangunan yang berkualitas.

“Dengan tekad kita, dengan semangat kita, dan didukung oleh teknologi maka kita bisa buktikan bahwa kita semakin baik. Ini menjadi komitmen bagi pemerintah, mulai dari pemerintah pusat sampai dengan pemerintah kabupaten/kota. Mudah-mudahan semua tekad kita mengahasilkan pembangunan yang lebih berkualitas dalam upaya kita untuk mewujudkan rakyat Lampung berjaya,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Sekretariat Provinsi Lampung, Slamet Riadi, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait sistem, tata kelola dan peraturan-peraturan yang baku pada tahun yang akan datang sehingga proses pengadaan barang dan jasa akan berjalan dengan lancar.

Dalam kesempatan tersebut, Sekdaprov juga memberikan penghargaan kepada Kabupaten Kota serta Perangkat Daerah Provinsi Lampung sebagai Implementasi Terbaik Pengadaan Barang dan Jasa dengan beberapa kategori, yaitu :

1. Kota Metro yang meraih penghargaan dengan Predikat Nilai Tertinggi Indeks Tata Kelola Pengadaan (ITKP) Barang/Jasa Tahun 2023 Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung.

2. Kabupaten Lampung Tengah yang meraih penghargaan dengan Predikat Transaksi Belanja Terbanyak melalui Katalog Elektronik Tahun 2023.

3. Kabupaten Pesisir Barat yang meraih penghargaan dengan Predikat Penyerapan Produk Dalam Negeri Tertinggi se-Provinsi Lampung Tahun 2023.

4. Inspektorat Provinsi Lampung yang meraih penghargaan dengan Predikat Penayangan Sistem Informasi Rencana Pengadaan (SIRUP) Tercepat Tahun 2023.

5. Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Lampung yang meraih penghargaan dengan Predikat Jumlah Belanja Non Tender Terbanyak Tahun 2023.

6. Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Lampung yang meraih penghargaan dengan Predikat Belanja Tertinggi melalui Sistem Katalog Elektronik Lokal Provinsi Lampung. (Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *