Minggu, Mei 19, 2024
Bandar Lampung

Dewan Pengurus Korpri Lampung Gelar Pelatihan Public Speaking

Bandar Lampung, hariansatelit.com

Ketua Dewan Pengurus Korpri Provinsi Lampung diwakili Staf Ahli bidang Kemasyarakatan & SDM, Intizam, membuka Pelatihan _Public Speaking_ dan _Presentation Technique_ di Gedung Pusiban, Rabu (15/11/2023).

Ketua DP Korpri Provinsi Lampung dalam sambutan tertulis yang disampaikan oleh Staf Ahli bidang Kemasyarakatan & SDM, Intizam, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Dewan Pengurus KORPRI Provinsi Lampung, kepada anggotanya yang memiliki kompetensi yang memadai dalam berhubungan dengan publik.

Salah satu kompetensi individu yang sangat diperlukan bagi setiap ASN adalah _public speaking_ atau berbicara di depan publik.

_Public Speaking_ merupakan _soft skill_ atau keterampilan yang tidak dapat dikuantifikasi dan lebih bersifat subjektif. _Public speaking_ berkaitan dengan kecerdasan berkomunikasi, hubungan sosial dan kemampuan beradaptasi dengan berbagai situasi dan kondisi.

Ketua DP Korpri kemudian menjelaskan, poin yang perlu digarisbawahi adalah _public speaking_ yang merupakan proses komunikasi terencana dengan terlebih dahulu mempersiapkan topik yang dianggap relevan dan penting untuk disampaikan kepada publik.

“Public speaking bukan sekedar asal ngomong dan asal percaya diri saja, tetapi harus memiliki tujuan dan manfaat yang jelas bagi publik,” kata Ketua DP Korpri Provinsi Lampung.

Ketua DP Korpri berharap, kegiatan pelatihan ini dapat menjadi motivasi pengembangan diri dalam meningkatkan kualitas kinerja ASN untuk tercapainya Masyarakat Lampung yang Berjaya.

Sementara itu, Kepala BKD Provinsi Lampung, Meiry Harika Sari menyebutkan, pelatihan _public speaking_ memiliki tujuan antara lain untuk menyampaikan informasi, memberikan edukasi kepada publik, mempengaruhi publik, serta menyiapkan _Master of Ceremony_ (MC) di setiap Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung.

Meiry Harika Sari juga berharap, melalui pelatihan ini pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung dapat meningkatkan kemampuan untuk berbicara di depan umum dan mampu memberikan kinerja yang baik dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya.

Peserta pelatihan terdiri dari dua orang perwakilan ASN dari seluruh Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung. Pelatihan _public speaking_ yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Koprs Pegawai Republik Indonesia Ke-52 ini menghadirkan narasumber dari TVRI Lampung, Livianti Mega Ayunita. (Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *