Kamis, Juli 25, 2024
Nasional

IIB Darmajaya Jalin Kerjasama dengan BPSDM Kemenkominfo RI

 

Palembang,hariansatelit.com

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah II

Penandatanganan kerjasama Pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) dan Implementation Agreement Sinergi Kurikulum Perguruan Tinggi tersebut juga mengundang empat perguruan tinggi, salah satunya Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya. Dimana empat prodi yang melakukan penandatanganan yaitu, Prodi Teknik Informatika, Prodi Sistem Informasi, Prodi Sistem Komputer, dan Prodi Sains Data.

Plt Rektor IIB Darmajaya, RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D., menyambut baik kerjasama LLDikti wilayah II Palembang dengan BPSDM Kemenkominfo RI. “Kerjasama ini bagi kami dalam mendukung peningkatan kualitas pembelajaran dan output lulusan. Dosen dan mahasiswa juga akan mendapatkan manfaat nyata dalam membangun SDM Indonesia yang andal juga diakui secara internasional,” kata dia seperti dikutip dari https://darmajaya.ac.id.

RZ Abdul Aziz juga mengatakan pemanfaatan peta okupasi bidang TIK selaras dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) menjadikan lulusan yang siap kerja sesuai kebutuhan di dunia industri. “Karena keempat prodi akan menyesuaikan dengan Pemanfaatan Peta Okupasi dan SKKNI tersebut,” imbuhnya.

Terlebih lagi, lanjut dia, IIB Darmajaya juga memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang membuat lulusan tidak hanya mendapatkan ijazah tetapi juga sertifikasi dalam bidang tertentu. “Karena ini juga akan menguntungkan dunia industri ketika mencari lulusan yang telah memiliki kemampuan tersertifikasi sesuai SKKNI,” tuturnya.

RZ Abdul Aziz menambahkan IIB Darmajaya berkomitmen untuk mengupgrade lulusan setiap tahunnya. “Ini juga bagian dari komitmen kampus mengikuti perubahan zaman baik dari sisi pemanfaatan teknologi maupun kebutuhan industri,” ujarnya.Senin (6/11/2023)

Sementara, Kepala LLDikti wilayah II, Prof. Dr. Ishkaq Iskandar, M.Sc., menyambut baik penandatanganan kerjasama dengan empat perguruan tinggi. “Semoga dengan kerjasama ini juga menjadikan lulusan lebih unggul lagi dalam menghadapi tantangan dunia industri tanah air,” ungkapnya.

Prof Ishkaq –biasa dia disapa – mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan Kemenkominfo RI kerjasama dengan perguruan tinggi di LLDikti wilayah II. “Kami ingin perguruan tinggi di Sumatra khususnya Wilayah II dapat menjadi favorit bagi calon mahasiswa dengan adanya kerjasama ini,” tutupnya.

Dalam penandatanganan tersebut, hadir Kepala BPSDM Kemenkominfo RI Dr. Eng. Hary Budiarto, M.Kom., IPM. beserta jajaran. Hadir juga jajaran pimpinan empat perguruan tinggi dari Universitas Bengkulu, Institut Bisnis dan Teknologi Palcomtech, IIB Darmajaya dan Universitas Muhammadiyah Metro (Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *