Sabtu, Juli 13, 2024
Bandar Lampung

Gubernur Lampung Dorong Peran Generasi Muda Tingkatkan Penguasaan Teknologi

 

Bandar Lampung,hariansatelit.com

Gubernur Lampung yang diwakili oleh Plh. Kadis Kominfotik Provinsi Lampung, Achmad Saefulloh membuka Acara Seminar Nasional Electrical Engineering in Action 2023 bertempat di GSG Universitas Lampung, Kamis (19/10/2023).

Gubernur Lampung dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Plh. Kadis Kominfotik Provinsi Lampung, Achmad Saefulloh menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan seminar ini.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung saya sangat mengapresiasi seminar yang diadakan Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HIMATRO) Universitas Lampung,” ucapnya.

“Semoga dengan diadakannya seminar ini dapat menambah pengetahuan serta sebagai wadah interaksi ilmiah antara dosen, peneliti, mahasiswa maupun praktisi sehingga pada akhimya dapat memberikan kontribusi bagi terwujudnya kesejahteraan di Provinsi Lampung yang kita cintai,” lanjutnya.

Saat ini, pemerintah terus mendorong kualitas pertumbuhan ekonomi yang sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) utamanya pada poin 8 yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi yang didalamnya dijelaskan Indonesia memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, pembangunan yang menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang menjamin keadilan dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya.

“Selain bidang perekonomian, saat ini juga sedang gencarnya pengembangan di bidang teknologi. Sejatinya, bidang perekonomian dan bidang teknologi berjalan selaras. Contohnya, dengan melakukan pengembangan di bidang teknologi, maka secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan perekonomian nasional,” lanjut Gubernur.

Selaras dengan tema yang diusung yakni Building Sustainable Economy through Smart City Development, Gubernur menyampaikan bahwa saat ini perkembangan teknologi yang semakin pintar membuat konsep smart tidak hanya dapat diterapkan pada level perangkat saja, tetapi sudah pada berbagai sistem atau tatanan. Salah satunya adalah melalui konsep smart city atau kota cerdas.

“Di Indonesia sendiri, terdapat sejumlah kota yang telah menerapkan konsep smart city antara lain DKI Jakarta, Bandung juga Di Yogyakarta. bahwa Hal ini menjadi bukti nyata pemerintah sedang gencar mendorong pemanfaatan teknologi untuk mencapai beberapa tujuan, salah satu peningkatan perekonomian nasional. Mudah-mudahan smart city ini akan segera ada di kota Bandar Lampung atau kota lain yang ada di Provinsi Lampung,” ujar Gubernur.

Selain upaya yang dilakukan oleh pemerintah tersebut, Gubernur menyampaikan bahwa masyarakat juga dituntut untuk siap menghadapi perkembangan teknologi yang cukup pesat.

“Disinilah peran generasi muda sebagai generasi penerus bangsa dibutuhkan untuk meningkatkan penguasaan di bidang teknologi dan meningkatkan kreativitas untuk membuat inovasi-inovasi baru,” tegas Gubernur.

Melalui kegiatan seminar ini, Gubernur berharap hal ini dapat dapat memfasilitasi pelajar dan mahasiswa untuk mengembangkan kreativitasnya khususnya di bidang teknologi dan mengasah pola pikir kreatif dan kritis untuk menghadapi perkembangan teknologi yang pesat ini.

“Saya menaruh harapan kepada generasi muda karena adik-adik mahasiswa yang akan meneruskan perjuangan kami, saya harap para mahasiswa terus belajar dengan giat, jangan takut untuk menghadapi tantangan, jangan ragu untuk bertindak, namun tetap menjunjung tinggi profesionalisme dan etika akhlakul karimah demi Lampung Berjaya. Persiapkan dirimu sejak dini untuk bersaing dalam dunia kerja yang menanti,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof Lusmeilia Afriani juga berharap melalui kegiatan ini dapat menjadi fasilitator untuk menghasilkan calon penerus bangsa yang berdedikasi.

“Diharapkan melalui seminar EEA 2023 ini dapat sebagai fasilitator Ilmu Pengetahuan di bidang Pendidikan dan Teknologi yang diharapkan dapat menghasilkan calon penerus bangsa yang berdedikasi tinggi dan siap berkompetisi di Era Teknologi guna mengambil peluang di dalam Peningkatan, Perkembangan Ekonomi, dan Pembangunan dengan segenap kemampuan dan keterampilan untuk meraih sebuah prestasi,” Ucap Rektor Unila.

Adapun kegiatan Seminar Nasional Electrical Engineering in Action 2023 ini mengusung tema ‘Building Sustainable Economy through Smart City Development’ dan menghadirkan Munawwar Furqan selaku General Manager PLN UIP2B JAMALI, Saleh Siswanto selaku General Manager PLN Lampung, dan Arjuna selaku Manager PT Greentech Global Engineering Lampung sebagai narasumber, serta diikuti oleh 959 peserta dengan rincian 515 peserta hadir secara langsung dan 444 peserta hadir secara virtual.(Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *