Sabtu, Juli 13, 2024
Bandar Lampung

Gubernur Arinal Djunaidi Tutup MTQ ke- 50 Tingkat Provinsi Lampung 

Bandar Lampung,hariansatelit.com

Musabaqah Tilawatil Quran adalah salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam di Provinsi Lampung. Acara ini merupakan ajang unggulan yang menampilkan keindahan bacaan Al-Quran serta pengetahuan agama Islam yang mendalam.

“Saya bangga dengan prestasi dan semangat yang telah ditunjukkan oleh peserta dari berbagai daerah di Provinsi Lampung. Prestasi-prestasi luar biasa ini memperlihatkan betapa kuatnya cinta dan dedikasi kita terhadap Al- Quran,” demikian disampaikan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat secara resmi menutup kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Lampung ke-50 Tahun 2023, di Lapangan Enggal Saburai, Minggu (15/10/2023)malam

Menurut Gubernur, di MTQ ke-50 ini, kita telah menyaksikan peserta-peserta yang memiliki kemampuan membaca Al-Quran dengan indah, serta memahami makna dan tafsir Al-Quran dengan mendalam.

“Mereka adalah teladan bagi kita semua, terutama generasi muda, tentang betapa pentingnya menjadikan Al-Quran sebagai pedoman hidup kita,” ucap Gubernur.

Pada kesempatan tersebut Gubernur berpesan agar para pemenang MTQ, agar tidak cepat berpuas diri, karena prestasi yang diraih adalah hasil dari kerja keras, ketekunan, dan dedikasi yang luar biasa.

“Gunakanlah prestasi ini sebagai motivasi untuk terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan negara. Lampung membutuhkan generasi muda yang cerdas, kreatif, dan berkomitmen untuk membangun daerah ini menjadi lebih baik,” Gubernur berpesan.

Kemudian kepada yang belum berprestasi, Gubernur berharap agar tidak berkecil hati, karena tujuan mengikuti MTQ bukan semata-mata meraih juara dan memperebutkan piala, melainkan untuk mendukung syiar agama Islam.

“Semoga kalian terus melanjutkan perjalanan kalian dalam mengejar kecemerlangan dalam memahami dan mengamalkan Al-Quran,” harap Gubernur.

Pada kesempatan tersebut Gubernur juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Bandar Lampung sebagai tuan rumah atas segala dukungan dan kerjasamanya dalam menyeleggarakan MTQ Ke-50 Tingkat Provinsi Lampung.

Kemudian kepada seluruh pihak yang telah ikut menyukseskan kegiatan MTQ ke-50 Tingkat Provinsi ini, terutama para dewan hakim, dewan pengawas, panitia dan official serta seluruh peserta MTQ Tingkat Provinsi Lampung, Gubernur juga menyampaikan apresiasi yang sedalam-dalamnya.

“Untuk masa mendatang, saya harap MTQ tingkat Provinsi dapat dilaksanakan lebih baik lagi, karena ini tidak hanya perlombaan semata, tetapi esensi dari penyelenggaraan MTQ adalah untuk meningkatkan syiar Islam dan sebagai media edukasi bagi umat Islam agar senantiasa mencintai Al-Quran. Insya Allah kita akan bertemu kembali pada MTQ ke-51 tingkat Provinsi Lampung,” ungkap Gubernur.

Tidak lupa, Gubernur juga mengajak kepada seluruh masyarakat Lampung, untuk dapat bekerja bersama-sama dan berkontribusi dalam membangun Provinsi Lampung.

“Dengan kerja sama dan semangat gotong royong, kita dapat meraih kemajuan yang berkelanjutan. Mari bersama-sama kita melanjutkan dan meneruskan membangun Lampung menuju “Rakyat Lampung Berjaya”,” tutup Gubernur.

Adapun Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur Lampung Arinal djunaidi yang telah mempercayakan penyelenggaraan MTQ Ke-50 Tingkat Provinsi Lampung kepada Kota Bandar Lampung.

“Terimakasih Pak Gubernur telah mempercayakan penyelenggaraan kegiatan ini kepada kami Pemerintah Kota Bandar Lampung, Alhamdulillah semua kegiatan dalam 5 hari ini dapat terlaksana dengan baik secara bersama-sama,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Lampung, Qodratul Ikhwan, menyampaikan diselenggarakannya MTQ Ke-50 ini dapat menghasilkan qori/qoriah yang kompeten.

“Karena pada tahun depan MTQ tingkat nasional sudah menanti, tanamkanlah dalam diri dan keinginan yang kuat agar menjadi qori dan qoriah nasional bahkan tingkat internasional,” ucapnya.

Qodratul juga mengatakan bahwa untuk memotivasi para peserta MTQ, LPTQ Provinsi Lampung telah memberlakukan 10 Golongan Pemula dari daerah setempat.

“Untuk memantik dan merangsang lahirnya potensi-potensi asli daerah LPTQ provinsi Lampung telah melakukan terobosan dengan memberlakukan 10 golongan pemula di mana pesertanya wajib berdomisili secara kependudukan dan terverifikasi oleh Disdukcapil Provinsi Lampung sebagai penduduk di kabupaten/kota yang bersangkutan,” ungkapnya.

Pada acara puncak Closing Ceremony MTQ Ke-50 Tingkat Provinsi Lampung tersebut, Dewan Hakim mengumumkan bahwa Kota Bandar Lampung keluar sebagai Juara Umum, hal tersebut menggeser Kabupaten Tanggamus yang sebelumnya telah menjadi juara umum sebanyak 6 kali berturut-turut.

Selain Kota Bandar Lampung, predikat Juara umum diraih juga oleh Kabupaten Tanggamus sebagai Juara 2, Kota Metro sebagai Juara 3, dan Kabupaten Pringsewu sebagai Juara 4. (Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *