Minggu, Mei 19, 2024
Bandar Lampung

Gubernur Lampung Buka Vaksinasi Rabies dan Donor Darah dalam Peringati World Rabies Day

 

Bandar lampung,hariansatelit.com

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Membuka Vaksinasi Rabies dan Donor Dalam Memperingati Hari Rabies Sedunia. Yang di Wakili Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung.Ir.Lili Mawarti.M.Si,di dampingi Kepala Balai Veritener Lampung drh. Hasan Abdulah Sanyata.

Provinsi lampung termasuk Endemis Rabies.dengan 5 kasus terkonfirmasi Positip Priode Januari – September.2023 dengan catatan Khusus tertinggi di Provinsi lampung dalam kurun waktu 5 Tahun Terakhir.

Kondisi tersebut jadi Pemicu untuk berkomitmen bersama saling Koordinasi bagaimana Mencegah Hewan Kucing dan Anjing ini dapat terpantau terus untuk di Vaksinasi.

Partisipasi Masyarakat untuk setiap saat ada kucing dan Anjing Peliharaannya untuk Selalu di Suntik Vaksinasi Rabies.

saat melaksanakan kegiatan vaksinasi rabies gratis di Balai Veritener Lampung Jl.Untung Suropati Bandar Lampung Sabtu (7/10/2023).

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung Ir.Lili Mawarti.M.Si dan drh. Hasan Abdulah Sanyata.
mengatakan, kegiatan yang itu dilaksanakan dalam rangka memperingati World Rabies Day atau Hari Rabies Sedunia.

“Vaksinasi rabies massal untuk Muri dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia yang pusatnya dilaksanakan di kota Bandung,” terusnya.

menjelaskan, kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan oleh semua pihak terkait seperti dinas yang menangani fungsi peternakan, perguruan tinggi dan stakeholder terkait.

“Dengan tema yakni All for 1, One health for all atau semua untuk satu, satu kesehatan untuk semua, berarti semua orang memiliki tanggung jawab memberantas rabies,” jelasnya.

Sebagai informasi, pihaknya juga telah menargetkan sebanyak Dosis Vaksinasi Rabies untuk hewan peliharaan dalam kegiatan World Rabies Day ini.

kegiatan ini juga dilaksanakan guna membangkitkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya vaksinasi rabies.

“Maka dari itu masyarakat Provinsi Lampung harus memperhatikan kesejahteraan hewan kesayangannya dari rabies,” ungkapnya.

“Yakni dengan memperhatikan waktu vaksinasi rabies secara berkala setiap tahun yang akan mengurangi resiko tertular rabies,” tambahnya.

Menurut peringatan Hari Rabies Sedunia ini menjadi momentum yang baik untuk mengingatkan kembali kesadaran masyarakat terhadap penyakit Rabies yang mematikan.

“Karena ini salah satu ancaman yang berbahaya bagi masyarakat terutama di daerah yang memiliki jumlah populasi hewan penular rabies (HPR) yang tinggi.

Partisipasi Masyarakat sangat Penting Saling Koordinasi antar Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan 15 Kabupaten,/kota yang ada di Wilayah Provinsi Lampung dalam Pencegahan.(Herwan )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *