Minggu, Desember 3, 2023
Bandar Lampung

Dies Natalis ke-9 ITERA, Gubernur Harapkan Generasi Muda Turut Berkontribusi Dalam Meningkatkan Perekonomian Lampung

 

Lampung Selatan,hariansatelit.com

Gubernur Arinal Djunaidi menghadiri Sidang Dies Natalis ke-9 Tahun 2023 Institut Teknologi Sumatera (Itera), di Aula Gedung Kuliah Umum Itera, Jumat (6/10/2023).

Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, Gubernur Arinal mengucapkan selamat Dies Natalis ke-9 kepada seluruh keluarga besar Itera, terutama kepada mahasiswa, dosen, staf, dan para alumni yang telah memberikan kontribusi besar dalam membangun reputasi dan prestasi ITERA.

“Perayaan Dies Natalis ini merupakan waktu yang tepat untuk merenungkan pencapaian, mengevaluasi perjalanan yang telah kita lalui, dan merencanakan langkah-langkah menuju masa depan yang lebih gemilang,” kata Gubernur.

Gubernur juga menyambut baik diadakannya kegiatan ini karena dapat menjadi platform inspiratif untuk menyatukan pemikiran dan visi bersama dalam mencapai keunggulan berkelanjutan bagi Itera dan korelasinya dengan kemajuan Provinsi Lampung.

Perguruan tinggi, khususnya Itera, memiliki peran dalam proses pembangunan manusia dengan membentuk karakter, pengetahuan, dan keterampilan generasi muda di Provinsi Lampung.

Para mahasiswa adalah aset berharga dalam mewujudkan potensi kewirausahaan. Generasi muda memiliki ide-ide segar, semangat, dan daya inovasi yang dapat membantu membuka pintu-pintu baru dalam dunia bisnis dengan mengembangkan digitalisasi menuju Revolusi Industri 5.0.

Salah satu implementasi keterpaduan digitalisasi di Provinsi Lampung, kata Gubernur, terpotret dari adanya Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dimana secara Nasional, Provinsi Lampung masuk peringkat Kedua dengan nilai 3,37 (Kategori Baik).

Hal ini terlihat dari capaian pembangunan di Provinsi Lampung terkait kualitas sumber daya manusia, yaitu :

1. Tren Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meningkat dari 69,90 (2021) menjadi 70,45 Tahun (2022), dan masuk dalam kategori Tinggi.

2. Kondisi ketenagakerjaan juga memiliki tren yang baik, selalu mengalami penurunan meskipun secara bertahap. Pada bulan Februari 2023 Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) menjadi 4,18% dari sebelumnya 4,52% (2022). Posisi ini menunjukkan urutan ketiga tingkat pengangguran terendah di Sumatera.

3. Tingkat kemiskinan Provinsi Lampung juga terus menurun. Saat ini tingkat kemiskinan sebesar 11,11 persen di bulan Maret 2023 lebih rendah dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 11,57 persen. Pada tahun 2022 Provinsi Lampung mendapat apresiasi dalam kinerja pengentasan kemiskinan, yaitu masuk dalam tiga besar provinsi yang berhasil menurunkan jumlah orang miskin terbanyak setelah Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Capaian tersebut memberikan gambaran keberhasilan pembangunan yang telah dilaksanakan. Namun demikian tantangan kedepan bagi generasi muda masih cukup berat terutama dalam upaya pemulihan ekonomi daerah di tengah ketidakpastian kondisi perekonomian global dan nasional, seperti mendorong tumbuhnya pusat-pusat hilirisasi dari produk-produk UMKM berbasis komoditas unggulan Lampung (Coffee Shop, Olahan pisang, kuliner, Craft).

Kewirausahaan di kalangan pemuda menjadi salah satu sektor yang prospektif untuk membawa kemajuan di Provinsi Lampung. Gubernur Arinal mengharapkan agar generasi muda dengan segudang ide-ide kreatif dapat mengikuti perkembangan zaman untuk turut berkontribusi, baik langsung maupun tidak langsung, dalam peningkatan perekonomian Lampung.

“Melalui penciptaan lapangan usaha baru maupun pekerjaan-pekerjaan kreatif sehingga semakin menggeliatkan perekonomian Lampung di saat ini dan masa yang akan datang,” harap Gubernur.

Sementara itu, Rektor Itera Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha dalam kesempatan Peringatan Dies Natalis ke-9 ini mengucapkan terimakasih kepada institusi pemerintah, swasta, kelompok masyarakat maupun perorangan, yang telah membantu Itera dalam pembangunan infrastruktur, pemberian beasiswa, serta mendukung program penelitian pengabdian masyarakat maupun berbagai kegiatan akademik/non akademik lainnya.

“Kami mohon terus dukungannya untuk Itera, agar kampus ini dapat tumbuh dan berkembang optimal sehingga mampu berkontribusi maksimal dalam upaya membangun bangsa,” kata Rektor Itera..

Dalam Dies Natalis Ke – 9 ITERA Juga menganugerahkan Penghargaan Kepada Para Tokoh yang berjasa Dalam Pembangunan dan Pengembangan ITERA.Penghargaan di Berikan Sebagai Berikut :

1. ITERA ADI KARSA UTAMA Diberikan Menteri Keuangan R.I.Sri Mulyani Indrawati.

2. ITERA ADI KARSA MADYA.Derektur Jendral Cipta Karya Kementerian PUPR.DR.Diana Kusumastuti.MT.

3. ITERA ADI KARYA UTAMA.Prof.Drs.John Hendri (,Unila )

4. ITERA ADI YASA MAHATAMA.Prof .Dr.Irawati M.S. (ITB).
– Prof.Dr.Ir.Deny Juanda Puradimaja.DEA.,(ITB)

– Drs.Mustamar ,(Unila)

– Ir.Hadwi Soendjojo (ITB)(Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *