Minggu, Mei 19, 2024
Pringsewu

Bacaleg DPRD Lampung Andy Roby Prihatin Persawahan Kabupaten Pringsewu dan Pesawaran Tak Dialiri Air Dari Sungai Sekampuh

 

Pringsewu, hariansatelit,com

Bacaleg Provinsi Lampung dari partai PDIP Andy Roby, SH prihatin dengan kondisi lahan persawahan di kabupaten Pringsewu dan kabupaten Pesawaran yang tidak memiliki saluran irigasi dari sungai Sekampuh.

Padahal sungai Sekampuh ini melintas di kabupaten Pringsewu dan kabupaten Pesawaran,tapi kenapa justru kabupaten lain yang menikmati sungai Sekampuh yang tak pernah kering itu.

Melalui saluran telepon nya, kepada media ini Andy Roby mengatakan: Hampir satu tahun ini saya bersosialisasi dengan para petani sawah baik yang ada di kabupaten Pringsewu maupun di kabupaten Pesawaran.

Dan ternyata keluhan mereka sama yakni minim nya pengairan,dan mereka hanya mengandalkan tadah hujan atau boloran saja .

Parahnya lagi bulan bulan ini banyak sekali sawah yang nyaris gagal panen akibat kurang nya air, contohnya di Pekon Mulyorejo kecamatan Banyumas,mereka hampir setiap sore mengocor sawah nya dengan memanfaatkan sumur bor.

Lalu lanjut Roby, dengan keluhan keluhan petani itulah saya merasa prihatin, dan berkeinginan agar supaya dengan sumber air sungai Sekampuh itu masyarakat petani di kabupaten Pringsewu dan kabupaten Pesawaran bisa memiliki saluran irigasi.

Namun hal iniĀ  perlu adanya campur tangan pemerintah baik pemerintah kabupaten maupun pemerintah Provinsi serta pemerintah pusat.

Saya berkeyakinan dengan adanya saluran irigasi nantinya, mampu meningkatkan produksi padi di kedua kabupaten tersebut,” ucap Roby. (Sanusi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *