Jumat, Mei 24, 2024
Bandar Lampung

Pemprov Lampung Bersama DKL Gelar Pekan Kebudayaan Daerah

Bandar Lampung,hariansatelit.com

Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung bekerja sama dengan Dewan Kesenian Lampung (DKL) akan menggelar Pekan Kebudayaan Daerah Lampung 2023.

Kegiatan direncanakan akan berlangsung mulai tanggal 25 September 2023 sampai dengan 28 September 2023 bertempat di Dewan Kesenian Lampung PKOR Way Halim, Bandar Lampung.

Pekan Kebudayaan Daerah Lampung 2023 mengusung tema ‘Bumei Gham Budayo Gham’ yang menggambarkan semangat untuk menjaga dan memelihara kekayaan budaya Lampung yang begitu beragam, indah dan unik.

Melalui tema tersebut, masyarakat diajak untuk mengakar kembali kepada nilai-nilai budaya, menghargai keberagaman yang ada, dan melestarikan tradisi-tradisi yang telah diwariskan oleh generasi sebelumnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Sulpakar mengatakan bahwa rangkaian kegiatan terbuka untuk umum dan akan diadakan di Pasar Kreatif.

“Mudah-mudahan kegiatan PKD ini akan menjadi pemantik kreativitas dan semangat berkesenian para seniman dan budayawan dalam menggali potensi kearifan lokal sesuai dengan undang-undang Pemajuan Kebudayaan No. 5 tahun 2017,” ucap Kadis Pendidikan Provinsi Lampung.

Sementara itu Ketua Dewan Kesenian Lampung, Satria Bangsawan juga meminta seniman dan budayawan yang ada di kabupaten/kota di Provinsi Lampung untuk ikut berpartisipasi dalam perhelatan ini, sehingga dengan tampilnya mereka dalam PKD ini akan menjadikan masyarakat lebih mengetahui keragaman budaya yang ada di Provinsi Lampung.

“PKD ini juga menjadi salah satu pengejawantahan salah satu tugas dan fungsi Dewan Kesenian Lampung sebagai katalisator dan fasilitator seluruh seniman yang ada di Provinsi Lampung. PKD ini ajang pesta seni daerah Lampung,” ucap Satria Bangsawan.

Perhelatan Pekan Kebudayaan Daerah Lampung 2023 akan diisi dengan berbagai kegiatan yang diantaranya: Workshop, Festival, Sarasehan, Pemutaran Film, Permainan Anak, Pameran Lukisan, Bazar, Demo Lukisan & Tapis, Cawa Lampung, Seni Budaya Show, Got Talent dan Wayang Sekelik.

Berikut rangkaian kegiatan Pekan Kebudayaan Daerah Lampung Tahun 2023 :

1. Workshop menulis Artikel Seni Bunda yang akan diselenggarakan pada 25-26 September 2023 dengan menghadirkan Iswadi Pratama sebagai pembicara.

2. Got Talent yang akan diselenggarakan pada 26-28 September 2023.

3. Wayang Sekelik yang akan diselenggarakan pada 26 September 2023.

4. Festival Sanak Butabuh yang akan diselenggarakan pada 26 September 2023.

5. Permainan Tradisional yang akan diselenggarakan pada 26-28 September 2023.

6. Ngobrol asik dengan Eko Pece yang akan diselenggarakan pada 27 September 2023.

7. Demo Sulam Tapis yang akan diselenggarakan pada 26-28 September 2023.

8. Workshop Tari yang akan diselenggarakan pada 26-28 September 2023 dengan menghadirkan Elly Lutan dan Boby Ari Setiawan sebagai pembicara. (Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *