Sabtu, Juni 22, 2024
Lampung Timur

Bupati Dawam : Lomba B2SA dan Lomba Masak Serba Ikan Tingkatkan Angka Konsumsi Ikan di Lamtim

Lampung Timur,hariansatelit.com

Pemerintah Kabupaten Lampung Timur menggelar Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) dan Lomba Masak Serba Ikan Tahun 2023. Kegiatan yang berlangsung di Halaman Gedung PKK komplek Rumah Dinas Bupati Lampung Timur, Selasa (19/9/2023)

Hadiri pada kegiatan tersebut Kadis Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Indra Budiman Duki, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Almaturidi, Ketua Tim Penggerak PKK Yusbariah Dawam Rahardjo, Wakil Ketua I Huzaimah Azwar Hadi, Ketua Darma Wanita Persatuan Sugiyati dan Ketua PKK Tingkat Kecamatan Se-Lampung Timur.
Bupati Lampung Timur M Dawam Rahardjo menjelaskan, peningkatan angka konsumsi ikan di Kabupaten Lampung Timur telah dan akan terus dilakukan, karena ikan menjadi sangat prospektif dalam mendukung terwujudnya ketahanan, kemandirian dan kedaulatan pangan dan gizi nasional.

Bupati melanjutkan, Angka konsumsi ikan di Kabupaten Lampung Timur menunjukan trend yang positif yaitu sebesar 36,57 Kg/Kapita/tahun pada tahun 2021 dan meningkat sebesar 37,04 Kg/Kapita/Tahun pada tahun 2022.
“Saat ini angka konsumsi ikan terus meningkat, yang artinya dengan konsumsi protein ikan yang meningkat masyarakat Lampung Timur memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan konsumsi pangan yang bermutu dan sehat,” ujar Dawam
Dawam juga mengatakan, berdasarkan Analisa Konsumsi Pangan Tahun 2021 melalui data Susenas disimpulkan skor PPH Kabupaten Lampung Timur berada pada skor 89,5 (diatas nilai skor PPH Provinsi sebesar 89,0) yang artinya tingkat konsumsi masyarakat Kabupaten Lampung Timur sudah Beragam, Bergizi,

Seimbang dan Aman.
Sedangkan Berdasarkan skor PPH per kelompok pangan, skor PPH yang melebihi standar yang ditetapkan adalah kelompok pangan padi-padian, umbi-umbian, pangan hewani dan nabati, minyak & lemak, buah/biji berminyak dan kacang-kacangan. Untuk kelompok sayur dan buah masih dibawah skor standar.
“Diperlukan upaya untuk meningkatkan konsumsi pangan sumber kabohidrat selain padi-padian antara lain dari umbi umbian sehingga perlu dilaksanakan Gerakan Makan Umbi-umbian, Publikasi dan Sosialisasi Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman yang lebih banyak serta Peningkatan Konsumsi Sayur dan Buah-buahan,” kata Dawam.

Ketua pelaksana yang disampaikan Plt Asisten Bidang Ekobang KMS Tohir Hanafi menjelaskan kegiatan tersebut terlaksana berkat kerjasama antara Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan dengan Dinas Perikanan dan Peternakan serta Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Timur.

“Peserta diikuti oleh Tim Penggerak PKK yang ada di 24 Kecamatan se-Kabupaten Lampung Timur. Sedangkan untuk penilaian lomba ini akan dinilai dari segi kreatifitas, inovasi resep baru, penyajian, penampilan, cita rasa, hygienis serta kedisiplinan dan kerapian lomba masak,” ujar Hanafi.(Nasir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *