Minggu, Desember 3, 2023
Lampung Selatan

Babinsa Pos Ramil Jati Agung Beri Wawasan Ideologi Pancasila di Desa Sidodadi Asri

Jati Agung, hariansatelit.com

Babinsa Koramil 421-09/ Tanjung Bintang Pos Ramil Jati Agung Sertu Suharyadi kembali memberikan wawasan kebangsaan kepada aparatur desa di kampung Pancasila yaitu Desa Sidodadi Asri, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Kamis (7/9/2023).

Sertu Suharyadi mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila, sehingga menumbuhkan jiwa patriotisme pada aparatur desa.

“Hal ini penting agar para aparatur desa tersebut dapat menjadi generasi penerus bangsa dan pengayom masyarakat yang handal serta dapat membanggakan bagi masyarakat, bangsa dan negara,” katanya.

Sertu Suharyadi mengatakan Kampung Pancasila yang dijadikan contoh penerapan nilai-nilai Pancasila.

Pemerintah memilih daerah yang dijadikan Kampung Pancasila dengan melihat tingkat toleransi agama yang tinggi. Lantas, apa yang melatarbelakangi terbentuknya Kampung Pancasila di Desa Sidodadi Asri yaitu; pertama, menegakkan nilai-nilai Pancasila sebagi pedoman rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara.

Kedua, sebagai contoh penerapan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.

Ketiga, sebagai contoh sikap toleransi antar umat beragama.

Ke empat, sebagai contoh hidup damai tanpa konflik meskipun terdapat perbedaan agama, suku, dan ras.

Kelima, adanya kerukunan dalam masyarakat di daerah yang dipilih sebagai Kampung Pancasila.

“Adapun tujuan dibentuknya Kampung Pancasila adalah sebagai berikut; untuk menciptakan suatu media pembelajaran Pancasila bagi masyarakat luas.

Kemudian, untuk semakin menumbuhkan kerukunan antar masyarakat di Pancasila, karena penduduknya beragam.

Lalu untuk menanamkan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika.

Dan untuk menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga negara Indonesia wajib menerapkan sila-sila Pancasila.

Serta untuk menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga negara Indonesia wajib memberikan penghormatan dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pemimpin bangsa yang telah berhasil menggali dan merumuskan Pancasila sebagai dasar negara.

“Hasil yang diharapkan dari adanya program Kampung Pancasila adalah meningkatnya kecerdasan masyarakat. Proses interpretasi, internalisasi, dan aktualisasi Pancasila akan membentuk pribadi yang unggul,” tukasnya.

Danpos Jati Agung Peltu Lukman mengatakan penanaman nilai-nilai Pancasila ini diharapkan dapat menumbuhkan jiwa patriotisme sehingga aparatur desa dapat menjadi generasi penerus bangsa yang andal serta dapat membanggakan bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Lukman menambahkan, materi yang diajarkan dalam wawasan kebangsaan meliputi dasar Pancasila, kedisiplinan, kekompakkan atau kebersamaan, serta belajar kesantunan dengan bahasa yang mudah dipahami dan dicerna oleh masyrakat

Ia berharap, materi ini bisa diaplikasikan oleh aparatur desa dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan kantor kelurahan maupun di keluarga atau masyarakat khususnya di Kampung Pancasila yang telah dibentuk.

‚ÄúPemberian materi wawasan kebangsaan ini diharapkan dapat dapat dicerna, dipahami dan dilaksanakan dalam kehidupan bermasyrakat,” tambah Peltu Lukman. (Mar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *