Minggu, April 14, 2024
Bandar Lampung

BKD Lampung Gelar Sosialisasi Pemanfaatan Aplikasi SAPKT e-Pensiun

 

Bandar Lampung,hariansatelit.com

Plt Sekretaris BKD Provinsi Lampung, Tiktik Kartikawati, S.Sos. membuka acara Sosialisasi Pemanfaatan Aplikasi SAPKT e-Pensiun pada proses Layanan Pensiun bagi Pegawai Negeri Sipil yang akan memasuki Batas Usia Pensiun (BUP) di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, di Ruang Abung Balai Keratun, Selasa (29/8/2023).

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, disebutkan bahwa Pegawai Negeri Sipil yang berhenti bekerja berhak atas jaminan pensiun dan jaminan hari tua PNS sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pemberian pensiun pegawai dan pensiun janda/duda adalah sebagai penghargaan atas jasa-jasa Pegawai Negeri Sipil selama bertahun-tahun bekerja dalam pemerintahan.

Plt. Sekretaris BKD Provinsi Lampung menjelaskan bahwa Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil adalah pemberhentian yang menyebabkan yang bersangkutan tidak lagi berkedudukan sebagai Pegawai Negeri Sipil. Pemberhentian disebabkan karena mencapai Batas Usia Pensiun, Atas Permintaan Sendiri, Uzur/Sakit, Meninggal Dunia dan Perampingan Organisasi.

Lebih lanjut, Tiktik Kartikawati menambahkan bahwa penting bagi para pegawai untuk mempersiapkan masa pensiun sebaik mungkin sehingga masa pensiun dapat diisi dengan hal yang sebelumnya sulit dan jarang dilakukan karena keterbatasan waktu dan kesibukan pekerjaan. Hal tersebut dapat terwujud apabila kita mempersiapkan masa pensiun dengan perencanaan yang baik.

Plt. Sekretaris BKD Provinsi Lampung selanjutnya menjelaskan, maksud dan tujuan sosialisasi ini adalah untuk menyampaikan informasi dan pemahaman yang benar dan menyeluruh kepada para calon pensiun PNS mengenai persyaratan yang harus dipersiapkan untuk memasuki masa purna bakti yang saat ini pengajuannya melalui SAPKT e-pensiun.

Hal tersebut guna mempermudah dalam pengajuan usul pemberhentian sebagai PNS, serta jenis-jenis pelayanan yang ditawarkan dan diberikan oleh PT. Taspen yang telah menyediakan layanan klaim secara oline melalui _System Taspen Online Service (TOS)_.

Pelayanan terhadap para calon pensiun atau para pegawai yang akan memasuki masa purna bakti diharapkan terus dapat ditingkatkan dalam hal ini bersama mitra bayar PT. Taspen (Persero) Cabang Bandar Lampung.

Adapun jumlah pegawai yang mencapai Batas Usia Pensiun (BUP) di tahun 2023 ini berjumlah 725 pegawai.(Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *