Senin, Februari 26, 2024
Pringsewu

Ketua TP PKK Provinsi Lampung Harapkan Masyarakat Pringsewu Tingkatkan Konsumsi Ikan

 

Pringsewu,hariansatelit.com

Ketua TP PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal menghadiri acara Princes–Gemeskan (Pringsewu Cegah Stunting–Gerakan Masyarakatkan Sehat Makan Ikan), Penurunan Kemiskinan Ekstrem serta Pencanangan Pengembangan Budidaya Ikan Cupang (Bangdikupang), bertempat di Lapangan Pekon Margosari Kecamatan Pagelaran Utara, Selasa (29/08/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal menyampaikan apresiasinya atas upaya Kabupaten Pringsewu dalam menurunkan angka stunting di daerahnya melalui kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini.

“Apresiasi saya sampaikan kepada Kabupaten Pringsewu atas upayanya untuk menurunkan stunting, menurunkan kemiskinan ekstrem dan meningkatkan konsumsi makan ikan,” ucapnya.

Riana Sari berharap agar masyarakat Pringsewu meningkatkan konsumsi ikan karena Kabupaten Pringsewu sebagai salah satu sentra ikan air tawar.

“Potensi yang dimiliki ini mesti kita manfaatkan untuk meningkatkan konsumsi ikan dan juga ekonomi keluarga,” tegasnya.

Ketua TP PKK kembali menegaskan bahwa pentingnya makan ikan akan selalu digalakkan diberbagai sektor.

“Sosialisasi pentingnya makan ikan akan selalu kita galakkan di setiap lini, tidak hanya di sekolah-sekolah tetapi juga tempat lainnya. Peran Bapak dan Ibu Guru, Ketua TP PKK Provinsi, Kabupaten, Kecamatan sampai ke Desa/Pekon dan tokoh masyarakat sangat penting dalam menggerakkan masyarakat untuk makan ikan dan upaya menurunkan stunting serta kemiskinan ekstrem,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Pj Bupati Pringsewu Adi Erlansyah menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan Pemerintah Provinsi Lampung dalam pelaksanaan kegiatan ini.

Menurut Adi Erlansyah, meskipun Kabupaten Pringsewu merupakan salah satu sentra budidaya Ikan Air Tawar di Provinsi Lampung, tingkat Konsumsi Ikan Masyarakat Kabupaten Pringsewu masih tergolong rendah sehingga hal ini perlu mendapatkan perhatian, mengingat upaya penurunan stunting saat ini menjadi salah satu perhatian Pemerintah.

Pemerintah Kabupaten Pringsewu melalui Dinas Perikanan melaksanakan kegiatan Princes–Gemeskan sebagai bentuk dukungan terhadap Program Nasional Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

“Saya berharap, kegiatan Gemeskan ini dapat menjadi solusi dalam upaya menurunkan angka stunting,” harapnya.

Melalui kegiatan ini, Adi Erlansyah juga mengajak seluruh pihak yang hadir untuk berkomitmen dalam mendukung gerakan Princes–Gemeskan.

“Mari kukuhkan komitmen dan sinergitas kita dalam mendukung gerakan ini, guna menyehatkan, menguatkan dan mencerdaskan bangsa serta meningkatkan perekonomian masyarakat,” ajaknya.

Adi Erlansyah juga menyampaikan apresiasinya atas pelibatan kegiatan mendongeng dalam upaya menarik minat anak-anak guna memasyarakatkan konsumsi ikan.

“Dengan mendongeng, anak-anak akan lebih mudah menerima masukan dan ajakan. Semoga dengan inovasi serta dukungan dari Pemerintah Provinsi Lampung, kita dapat mewujudkan Target Nasional dan Daerah dalam rangka menurunkan angka Kemiskinan Ekstrem dan penurunan angka stunting,” pungkasnya.

Terkait Pencanangan Program Pengembangan Budidaya Ikan Cupang (Bangdikupang), Adi Erlansyah menyampaikan bahwa kegiatan ini melibatkan seluruh komponen masyarakat yang diharapkan mampu memberikan dampak yang signifikan terhadap upaya penurunan angka Kemiskinan Ekstrem.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Pringsewu serta menghadirkan _storyteller_ Kak Bimo yang diikuti oleh 800 orang yang terdiri dari 500 orang dari siswa Paud dan SD serta 300 masyarakat umum. (Sanusi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *