Sabtu, Juli 27, 2024
Lampung Selatan

Dana Desa Ketahanan Pangan, Pemdes Jatimulyo Bagikan 16 Ekor Kambing

Jati Agung, hariansatelit.com

Dalam rangka merealisasikan program ketahanan pangan dan hewani, Pemerintah Desa Jatimulyo, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan menyerahkan 16 ekor kambing kepada warga, Kamis (24/8/2023) pagi.

Hadir dalam acara tersebut Camat Jati Agung diwakili Kasi Ekobang Andi Darmawan, Pendamping Kecamatan Rama, Babinda Serka Ponidi, apararur desa dan masyarakat setempat.

Alokasi dana desa (DD) untuk ketahanan pangan dialihkan dengan memberikan ternak pada kelompok masyarakat.

Setidaknya, 16 ekor kambing telah dibagikan kepada warga.

Kepala Desa Jatimulyo H. Sumardi, SE mengatakan, pemberian bantuan ternak ini selaras dengan pengalokasian DD untuk ketahanan pangan. Pemerintah desa (pemdes) lantas memberikan bantuan kambing untuk kelompok masyarakat.

Dia berharap bisa menjadi modal untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Kades mengaku, tak ingin hanya berfokus pada infrastruktur. Namun, juga perekonomian warga. Program ketahanan pangan ini diharapkan memberikan manfaat pada ekonomi warga. Selain kambing bisa beranak pinak, warga juga bisa memanfaatkan dengan sistem gadu alias menitipkan untuk dipelihara.

Sementara itu, Pendamping Kecamatan Rama mengatakan, plot alokasi DD tersebut sesuai dengan fokus pemerintah pusat, untuk pengentasan kemiskinan. Sehingga paling sedikit 40 persen DD harus dialokasikan untuk BLT DD dan minimal 20 persen untuk ketahanan pangan.

”DD diatur alokasinya untuk program perlindungan sosial berupa BLT DD minimal 40 persen, program ketahanan pangan dan hewani minimal 20 persen. Bisa untuk program pangan masyarakat, dan peningkatan perekonomian warga. Selain itu, DD juga dialokasikan untuk penanganan covid-19 minimal 8 persen. Sisanya, bisa dikelola mandiri oleh desa,” terangnya.

Penerima bantuan, Purwanto, warga RT 17 A Dusun II A menyampaikan rasa terimakasih sebesar besarnya atas kepedulian pemerintah Desa Jatimulyo kepada perani ternak kambing.

“Saya atas nama penerima mengucapkan terimakasih atas kepedulian pemerintah Desa Jatimulyo dalam mensupport penerima bantuan, serta memberikan motivasi, melalui program ketahanan pangan Desa tahun anggaran 2023,” ucap Purwanto.
(Mar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *