Minggu, Mei 19, 2024
Lampung Timur

Dawam Rahardjo Lepas Kirab Pemilu Lampung Timur

Lampung Timur,hariansatelit.com

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Timur terus mensosialisasikan tahapan Pemilu 2024. Salah satunya dengan menggelar Kirab Pemilu, Kirab yang digelar di Gedung Pusiban Sukadana itu dihadiri Bupati Lamtim M.Dawam Rahardjo, Wakil Bupati Azwar Hadi dan jajaran Forkopimda, Kepala OPD, Ketua PWI Lamtim dan Para Ketua Partai Politik.Hadir juga Ketua KPU Provinsi Lampung Erwan Bustami , Ketua KPU Lamtim Wasiat Jarwo, Ketua KPU Lamteng Irawan Indra Jaya Asmoro, Ketua Bawaslu Uslih dan para ketua partai politik peserta Pemilu 2024.
Senin (14/08/2023)

Acara diawali dengan penyerahan bendera kirab dari Ketua KPU Lamteng kepada Ketua KPU Lamtim. Setelah itu dilanjutkan deklrasi dan pendantanganan pemilu damai oleh para ketua parpol, Ketua KPU dan Bawaslu Lamtim serta jajaran Forkopimda.

Bupati Lamtim M Dawam Rahardjo dalam kesempatan tersebut mengucapkan selamat datang kepada Ketua KPU Provinsi Lampung dan Ketua KPU Lampung Tengah, di Bumei Tuwah Bepadan, Kabupaten Lampung Timur, serta kepada seluruh peserta kirab pemilu. Semoga kegiatan yang akan kita laksanakan dapat berjalan lancar, serta tercapainya maksud dan tujuan yang diharapkan.

Sesuai dengan jadwal, yang telah ditetapkan oleh KPU Republik Indonesia, bahwa pada tahun 2024 kita akan melaksanakan Pemilu serentak, yang meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPRD Kabupaten / Kota, sekaligus pemilihan Kepala Daerah, yang meliputi Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil walikota.” ucap Bupati Dawam

Bupati Dawam berharap melalui kirab tersebut proses pemilu berjalan damai bersih dan bermartabat.

“Sejatinya cita-cita Pemilu adalah tetap menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa, semoga pemilu tahun ini berjalan lancar,”kata M.Dawam.

Acara diakhiri dengan pelepasan pawai kirab pemilu oleh Ketua KPU Provinsi beserta jajaran Forkopimda Lamtim.

Ketua KPU Lamtim Wasiat Jarwo Asmoro menjelaskan, kirab Pemilu diikuti 4000 peserta. Dari jumlah tersebut 1.824 di antaranya adalah penyelenggara adhoc. Kemudian, lainnya dari partai politik dan penyelenggara adhoc Bawaslu.
Kirab rencananya akan dilaksanakan di 142 desa yang tersebar di 24 kecamatan. Menurutnya, 24 melambangkan tahun 2024 dan 142 melambangkan tanggal 14 Februari.

Dilanjutkan, kirab akan dilaksanakan hingga 20 Agustus 2023 itu menempuh jarak sejauh 2020 km. “Targetnya melalui kirab Pemilu ini dapat menjangkau sosialosasi kepada 50 ribu masyarakat Lamtim,”terang Wasiat Jarwo.

Sementara Ketua KPU Provinsi Lampung Erwan Bustami menjelaskan, kirab Pemilu di Provinsi Lampung telah memasuki hari ke 27. Menurutnya, kirab ini dilaksanakan dalam rangka mensosialisasikan tahapan Pemilu kepada masyarakat luas.

“Bendera kirab tidak diganti sampai nanti diserahkan ke KPU RI,”jelas Erwan Bustami. (Nasir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *