Sabtu, Juli 27, 2024
Bandar Lampung

Bunda PAUD Provinsi Lampung, Membuka Workshop Peningkatan Kompetensi Pendidik Madrasah Raudatul Athfal

Bandar Lampung,hariansatelit.com

Bunda PAUD Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal membuka acara Workshop Peningkatan Kompetensi Pendidik Madrasah Raudatul Athfal yang Berkualitas dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Balai Keratun Lt.3, Selasa (08/8/2023).

Kegiatan Workshop digelar sebagai bagian dari rangkaian peringatan milad ke-21 Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Provinsi Lampung.

Kegiatan bertujuan untuk mengokohkan ikatan guru Raudhatul Athfal sebagai Organisasi Pendidik yang profesional dan dinamis se-Provinsi Lampung, memberikan kontribusi kepada negara dengan mengembangkan PAUD yang berkualitas, berkarakter dan religius sekaligus meningkatkan kerjasama IGRA dengan organisasi Mitra dan instansi terkait

Dalam sambutannya Bunda PAUD Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal menyampaikan bahwa tantangan pendidikan di era informasi saat ini mengharuskan guru untuk lebih kreatif, inovatif dan inspiratif dalam mendesain kegiatan pembelajaran yang bermutu untuk menyokong generasi emas Indonesia tahun 2045.

Hal ini menjadi kunci utama keberhasilan sumber daya manusia yang tidak hanya produktif tetapi juga unggul dan berkarakter.

Riana Sari Arinal menyampaikan keyakinannya bahwa seluruh peserta yang hadir memiliki latar belakang dari pendidik atau guru yang merupakan figur yang patut dicontoh dan berharap agar seluruh guru PAUD selalu meningkatkan peran strategis dalam membina sekaligus sebagai suri tauladan yang baik bagi peserta didiknya dan masyarakat.

Dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi perubahan yang signifikan dalam pendekatan dan pemahaman terhadap pendidikan termasuk pendidikan anak usia dini.

Kemendikbudristek bersama dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) dan Bunda PAUD Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia berkomitmen mendukung Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

Adapun Komitmen tersebut yaitu :
1. Tidak menerapkan baca, tulis dan hitung (calistung) sebagai syarat masuk Sekolah Dasar;
2. Melakukan proses pengenalan sekolah diawal tahun pembelajaran;
3. Menerapkan proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dengan fokus pada seluruh kompetensi fondasi anak.

Bunda PAUD Provinsi Lampung selalu mendukung semua program-program Organisasi Mitra PAUD. Keberhasilan pendidikan di Provinsi Lampung akan dapat terlaksana apabila ada kerjasama yang baik dari sektor dan unsur-unsur terkait.

Pelaksanaan kegiatan ini bisa dijadikan salah satu momen yang diharapkan dapat memberikan kontribusi serta masukan-masukan yang positif dalam meningkatkan Pengelolaan Program PAUD.

“Saya sampaikan apresiasi yang setinggi tingginya, kepada jajaran IGRA, pengurus, dan semua tenaga pendidik di wilayah Provinsi Lampung yang selama ini telah melakukan hal-hal mulia demi terwujudnya para generasi penerus yang lebih berkualitas, dan berguna bagi nusa bangsa dan agama,” ungkapnya.

Riana Sari Arinal berpesan kepada para peserta kegiatan untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan penuh semangat.

“Manfaatkanlah untuk terus menggali ilmu agar bisa berkembang baik untuk dapat mengoptimalkan kompetensi sebagai pendidik di Provinsi Lampung,” pungkasnya.(Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *