Sabtu, Februari 24, 2024
Bandar Lampung

Dua Artis Ibu Kota Daftar Kuliah di IIB Darmajaya Melalui Jalur RPL

 

Bandar lampung,hariansatelit.com

Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) yang dibuka oleh Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya dapat diikuti oleh siapa saja yang telah memiliki pengalaman kerja atau pengalaman belajar di bidang tertentu dan ingin memperoleh Rekognisi Akademis dengan Gelar Sarjana S-1.

Hal ini menarik bagi dua artis ibu kota Mahesa Andika Setiawan (Andika Kangen Band) dan Verrell Bramasta bersama kedua rekannya Matthew Gilbert W dan Vincentius Jordan mendaftar menjadi mahasiswa IIB Darmajaya melalui program jalur RPL.

Babang Tamvan, panggilan akrab Andika dan Verrell menjadi calon mahasiswa dengan mengikuti persyaratan dan kualifikasi yang diperlukan untuk mengikuti program RPL, yaitu keterampilan atau pengalaman yang diakui, portofolio, atau kualifikasi pendidikan yang diperlukan. “Hal itu penting untuk memastikan calon mahasiswa memenuhi syarat dan dapat memperoleh manfaat maksimal dari program kuliah jalur RPL,” kata Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Riset IIB Darmajaya, RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D..

Diketahui, Andika dan Verrell memilih untuk melanjutkan studi ke Prodi Manajemen IIB Darmajaya. Sementara, Vincentius Jordan memilih ke Prodi Akuntansi dan rekannya Matthew Gilbert W melanjutkan ke Pascasarjana (Magister Manajemen). “Program RPL IIB Darmajaya telah mendapatkan izin dari Kemdikbudristek RI untuk S1. Musisi (Babang Tamvan) dan artis Ibu kota (Verrell) tersebut juga mengikuti prosedur pendaftaran program kuliah jalur RPL yang dibuka IIB Darmajaya,” kata RZ Abdul Aziz seperti mengutip dari https://darmajaya.ac.id.

Dia juga menjelaskan pada program jalur RPL S1, pengalaman kerja dapat diakui untuk dikonversi ke dalam SKS hingga 75 SKS serta non-skripsi. “Nanti akan dicek sesuai ketentuan kuliah dalam Program RPL. Semua mengacu pada juklak dan juknis dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia,” kata dia.

Menurut Abdul Aziz, Program RPL yang dibuka di IIB Darmajaya berdasarkan surat nomor: 3368/E2/DT.00.05/2023 untuk lima prodi yaitu, Manajemen, Akuntansi, Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Sistem Komputer. “Alhamdulillah di Bandarlampung, IIB Darmajaya satu-satunya perguruan tinggi yang mendapatkan izin resmi penyelenggaraan kuliah RPL. Kami juga telah mendapatkan izin untuk kuliah RPL Pascasarjana pada Prodi Magister Manajemen dan Prodi Magister Teknik Informatika,” kata dia.

Sebelumnya, IIB Darmajaya bersama 56 perguruan tinggi lainnya di Indonesia menjadi penerima bantuan program jalur RPL. “Alhamdulillah atas kepercayaan Ditjen Diktiristek Kemdikbudristek RI yang menetapkan IIB Darmajaya sebagai penerima program bantuan pemerintah Penyelenggaraan Rekognisi Pembelajaran Lampau Tipe A Tahun 2023,” kata Rektor IIB Darmajaya, Dr. Ir. Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc. (Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *