Minggu, Maret 3, 2024
Bandar Lampung

Pertahkindo Menggela Gelar Musda II

 

Bandar Lampung,hariansatelit.com

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang di Wakili Kepala Dinas PSDA Ir.Budi Darmawan S.T..M.T. IPM.membuka Musda II PERTAHKINDO Lampung.

Perkumpulan Tenaga Ahli Konsultan Indonesia (Pertahkindo) Lampung menggelar Musyawarah Daerah (Musda) II yang dilaksanakan di Ballroom SwissBell Hotel, pada Kamis (27/7/2023).

Musda II Pertahkindo Provinsi Lampung kali ini mengusung tema “Akselerasi Pertahkindo Dalam Mewujudkan Tenaga Ahli Konsultan Yang Handal Menuju Indonesia Emas 2045”.
Musda diikuti sekitar 150 undangan dari unsur Dinas Provinsi Lampung, Asosiasi Badan Usaha, Universitas dan Anggota Pertahkindo Provinsi Lampung.

Musda II Pertahkindo dibuka Kepala Dinas PSDA, Ir. Budi Darmawan, ST. MT. IPM mewakili Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Ketua Pelaksana Musda II Pertahkindo, I Wayan Aryudi mengatakan, Musda II bertujuan untuk memilih Ketua dan Pengurus DPD Pertahkindo Lampung masa bakti tahun 2023- 2028.

“Ini sebagai wadah dalam rangka evaluasi kinerja periode sebelumnya,” kata I Wayan Aryudi.

Ia mengapresiasi dukungan dari banyak pihak untuk terselenggaranya Musda Pertahkindo II Lampung.

“Terimakasih kepada sponsor yang sudah mendukung terselenggaranya Musda ini,” tutur I Wayan.

Sponsor yang dimaksud diantaranya,
sponsor utama yaitu Midea, Sunplus Gold, MACO dan RTSP Construction dan didukung 30 perusahaan di bidang konsultansi teknik di Provinsi Lampung.

Pada Musda ini, juga dilaksanakan seminar Nasional yang diikuti secara luring dan daring dengan materi Kepemimpinan Inovatif. Menghadirkan narasumber diantaranya, Ketua DPP Pertahkindo Ir. Aries Wimaruta, MM,.dan materi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk tenaga Ahli Konstruksi dengan narasumber Wakil Ketua umum II Bidang Profesi Jasa Konstrusi DPP Pertahkindo Ir. Napoli Situmorang, MT., MH.,IPM. Adapun moderatornya yaitu Assesor LSP Pertakonas Dr. Aprizal ST., MT.

Pada kesempatan ini, juga dilaksanakan
donor darah yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Lampung.

Donor darah ini, kata I Wayan, sebagai bentuk kepedulian Pertahkindo untuk mendukung bidang kesehatan.

“Donor darah ini dapat membantu mereka yang membutuhkan darah dalam situasi mendesak,” katanya.

Tercatat sejumlah 34 orang yang telah mendonorkan darah pada kegiatan ini.

Musda II Pertahkindo memutuskan Ir. Vidi Wirawan Tinto, ST. MT sebagai Ketua DPD Pertahkindo Lampung masa bakti tahun 2023 – 2028.

I Wayan berharap, usai Musda II ini, DPD Pertahkindo Provinsi Lampung akan semakin solid dan mampu menjadi asosiasi profesi yang menghasikan Tenaga Ahli Bidang Konstruksi yang kompeten dan profesional.

“Dengan begitu, akan mampu bersaing di industri konstruksi baik nasional maupun internasional,” ujarnya.

Dia menuturkan, kedepan Indonesia akan mengalami usia emas di tahun 2045. Pada saat itu, Indonesia genap berusia 100 tahun atau satu abad.

Di masa emas tersebut, Indonesia menargetkan menjadi negara maju dan sejajar dengan negara adidaya.

I Wayan juga mengatakan, perjalanan 22 tahun menuju Indonesia Emas memang masih cukup panjang. Namun demikian, Indonesia tetap perlu bersiap menghadapi berbagai tantangan yang akan muncul.

Diantaranya adalah produktifitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia harus unggul, berkualitas dan memiliki karakter.

Dalam mendukung visi Indonesia Emas 2045, ada tiga hal penting yang mesti diperhatikan dalam kaitannya dengan SDM bidang konstruksi. Diantaranya pemenuhan SDM konstruksi, pengembangan industri konstruksi yang berbasis SDM spesialis dan teknologi konstruksi. Serta penguatan kelembagaan melalui Lembaga pengembangan jasa konstruksi dan Lembaga sertifikasi profesi.

Beberapa permasalahan berkesinambungan di bidang infrastruktur. Misalnya permasalahan sertifikasi tenaga terampil, tenaga ahli dan badan usaha, pengembangan industri jasa konstruksi dan pembinaannya.

Sesuai dengan visi Pertahkindo untuk menjadi perkumpulan Tenaga Ahli Konsultan Indonesia di wilayah Indonesia, yang mampu mewujudkan sumber daya manusia berkualitas unggul berdasarkan nilai-nilai hidup dan kehidupan umat beragama.
Ini guna berperan aktif dalam percepatan laju Pembangunan Pusat Republik Indonesia berkelanjutan untuk mencapai masyarakat adil, makmur dan sejahtera.

Sejak berdiri pada Juli 2018, Pertahkindo Provinsi Lampung telah berkoordinasi dengan berbagai lembaga, baik lembaga pemerintah, swasta dan Universitas Negeri dan Swasta di wilayah Provinsi Lampung.

Dalam keturutsertaan membantu pemerintah memecahkan permasalahan ketersediaan tenaga terampil dan ahli di dunia jasa konstruksi khususnya, dengan melakukan pelatihan-pelatihan untuk tenaga terampil dan tenaga ahli.

Pertahkindo melalui LSP-nya telah menerbitkan lebih dari 600 SKK untuk di Provinsi Lampung dan lebih dari 3000 SKK secara Nasional.

Walaupun tergolong asosiasi yang masih baru, namun secara kuantitatif dan kualitatif, Pertahkindo Lampung mampu beradaptasi dengan cepat. Dan terus berupaya mengembangkan diri untuk dapat menghasilkan SDM yang berkualitas untuk menjawab tantangan Indonesia Emas 2045.

DPD Pertahkindo Provinsi berharap kedepan makin solid dan mampu menjadi Asosiasi Profesi yang menghasikan Tenaga Ahli Bidang Konstruksi yang kompeten dan professional yang mampu bersaing di industri konstruksi baik Nasional maupun Internasional.

Sertifikat Tenaga Ahli Konsultan Sangat Penting Bagi Pekerja.Masih banyak kekurangan Tenaga Ahli Konsultan di Provinsi Lampung,Tapi lambat Laun akan terpenuhi juga.Mudah mudahan Provinsi Lampung dapat mencapai Target Tenaga Ahli Konsultan.Ujar” Budi Darmawan pada awak media.(Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *