Jumat, Mei 24, 2024
Metro

Gubernur Arinal: Kota Metro Sebagai Penyumbang Capaian Positif Provinsi Lampung

 

Metro, hariansatelit.com

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menggelar silaturahmi dengan Forkopimda, Pejabat Struktural dan Fungsional di lingkungan Pemerintah Kota Metro, bertempat di Gedung Sesat Agung Bumi Sai Waway, Senin (24/07/2023).

Dalam arahannya, Gubernur mendorong peningkatan tata kelola pemerintahan, sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik.

“Di sisi tata kelola pemerintahan saya menginginkan untuk bisa meningkatkan pelayanan kepada publik dan beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan. Sebagai pimpinan sudah semestinya harus bisa mempunyai inovasi di lingkungan eksternal organisasi,” ucapnya.

Gubernur juga menegaskan bahwa dalam upaya mewujudkan tujuan dan sasaran pembangunan nasional termasuk di dalamnya tujuan dan sasaran pembangunan Provinsi Lampung, diperlukan kontribusi dari Pemerintah Kabupaten/Kota, Kecamatan hingga Kelurahan, Desa, Pekon, hingga Tiyuh.

Kota Metro telah menjadi salah satu penyumbang capaian-capaian positif bagi Provinsi Lampung, yakni dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Metro sebesar 77,89 di Tahun 2022 menempati peringkat ke 2 se-Provinsi Lampung.

Kemudian Harapan Hidup Kota Metro tertinggi di Provinsi Lampung dengan 71,88 Tahun 2022, begitu juga dengan Harapan Lama Sekolah menempati posisi teratas dengan 14,76 Tahun 2022.

“Hal ini membuktikan bahwa sektor pendidikan dan kesehatan di Kota Metro menjadi sektor unggulan di Provinsi Lampung,” ujar Gubernur.

Selanjutnya trend penurunan prevalensi stunting untuk Kota Metro juga menurun dari 19,7 pada 2021 dan pada Tahun 2022 menjadi 10,4. Data kemiskinan ekstrem Kota Metro mengalami penurunan dari Tahun 2021 sebesar 1,73 dan pada Tahun 2022 menjadi 0,83.

Terakhir, Pertumbuhan ekonomi Kota Metro mengalami pertumbuhan yang signifikan dimana pada Tahun 2021 sebesar 2,91 dan pada Tahun 2022 menjadi 4,51 dengan PDRB per kapita pada Tahun 2022 Rp. 42,2jt.

“Berdasarkan potret pertumbuhan ekonomi makro Kota Metro sudah sangat baik dan diharapkan akan menjadi transformasi kota yang sesungguhnya,” harap Gubernur.

Dengan Keterbatasan luas wilayah administrasi Kota Metro, Gubernur berharap Kota Metro bisa bersaing dengan kota-kota lain.

“Kota Metro harus menjadi penghubung perdagangan dan jasa dari Kabupaten Lampung Tengah dan Kabupaten Lampung Timur, sehingga dapat meningkatkan kemajuan ekonomi dan sosial serta mempercepat peningkatan PDRB perkotaan juga menjadi kota yang aman dan nyaman,” lanjut Arinal.

Gubernur Arinal juga menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung pada tahun 2023 akan melaksanakan pembangunan dan pemeliharaan di beberapa ruas jalan di Kota Metro yang menjadi kewenangan Provinsi.

“Capaian pembangunan yang telah kita rasakan, merupakan hasil kerja keras kita bersama. Pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah, khususnya Provinsi Lampung dan Kota Metro, tidak akan dapat berjalan optimal tanpa adanya dukungan dari masyarakat,” tegas Gubernur.

Gubernur juga mengajak keterlibatan seluruh pihak dalam mendukung pembangunan di Kota Metro dan Provinsi Lampung yang saat ini terus dilaksanakan.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat juga bapak/ibu, untuk bersama-sama berpartisipasi aktif dalam mendukung pembangunan di Kota Metro dan Provinsi Lampung yang saat ini terus dilaksanakan,” pungkasnya. (Hendi/her)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *