Sabtu, Februari 24, 2024
Lampung Selatan

Pemdes Margomulyo Bangun Jalan Lapen Menuju Areal Pertanian

 

Lampung Selatan, hariansatelit.com

Pemerintah Desa (Pemdes) Margomulyo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan akhirnya membangun jalan Lapisan Penetrasi (Lapen) menuju daerah pertanian, Rabu (12/7/2023). Sebelumnya, ruas Jalan Anggrek Dusun 3, RT 11, masih berupa konstruksi onderlagh.
Diketahui bahwa peningkatan jalan lapen tersebut menggunakan Anggaran Dana Desa 2023 dari program ketahanan pangan. Dimana pembangunan ruas jalan pertanian yang terdapat di dusun 3 RT 11 tersebut panjang 300, Lebar 3 meter dan ketebalan 0,03 meter dengan menelan anggaran sebesar Rp 114.195 000.
“Pengaspalan lapen di ini juga untuk mendukung program ketahanan pangan. Sebab, jalan ini sering digunakan untuk mengangkut kebutuhan petani hingga mengangkut hasil panen,” ujar Kepala Desa Margomulyo Susanto.
Menurutnya, pengaspalan itu bertujuan agar akses sehari-hari warga semakin lancar, termasuk melancarkan perekonomian. Sebab, tidak dipungkiri, kondisi jalan yang rusak akan mempersulit akses.
“Harapan kami, dengan adanya pengaspalan lapen ini, warga semakin nyaman beraktivitas dan bekerja, termasuk bagi para petani lebih mudah dan lancar dalam mengangkut hasil taninya,” harapnya.
Lebih lanjut Santo mengatakan, program ketahanan pangan dari Anggaran Dana Desa digunakan untuk pembangunan jalan Lapen menuju jalan usaha tani sepanjang 300, lebar 3 meter dan ketebalan 0,03 meter dengan menelan anggaran sebesar Rp 114.195 000.
“Mudah-mudahan dengan dibangunnya jalan pertanian ini dapat meningkatkan pangan para petani di Desa Margomulyo, sehingga dapat ketersediaan gizi bisa tercapai, serta bisa meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya petani yang ada di Desa Margomulyo,” kata Santo.
Sementara apresiasi dan ucapan terimakasih diungkapkan salah satu warga. “Terimakasih Kepada Pemerintah desa yang telah memperhatikan dusun 3 dengan melaksanakan pembangunan lapen ini l,” ungkap Waljimon. Menurutnya sudah sekitar 15 tahun baru ada perbaikan.”Ini jalan dulunya onderlag,” tutupnya.
Sementara apresiasi juga diungkapkan oleh Kasi Ekobang Kecamatan Jati Agung Andi Dharmawan mewakili Camat Jati Agung Firdaus Adam kepada pemerintah desa Margomulyo yang telah bisa melaksanakan pembangunan lapen menuju lahan pertanian
“Alhamdulillah desa Margomulyo telah melakukan kegiatan ketahanan pangan tahun anggaran 2023 dengan melakukan pengerasan jalan lapen semoga dapat meningkatkan mobilitas pertanian terutama untuk mengangkut hasil pertanian, sehingga dapat meningkatan pendapatan para petani,” ungkapnya. (Mar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *